KOMENTAR

SEIRING bertambahnya usia, banyak dari kita berpikir untuk memiliki usaha sampingan yang dapat menambah penghasilan keluarga, yang kelak dapat menjadi sumber pendapatan setelah pensiun.

Salah satu jenis usaha yang semakin banyak diminati adalah beternak. Namun untuk memulai usaha peternakan, ada baiknya kita mencari tahu jenis hewan ternak apa yang dianggap paling menguntungkan dan cepat menghasilkan uang.

Ayam

Hewan ini merupakan unggas yang paling tinggi dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hampir semua rumah makan menyajikan ayam di dalam menu yang mereka tawarkan.

Dagingnya dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Selain itu telurnya pun juga dikonsumsi sebagai sumber protein. Bahkan bulunya juga dijadikan bahan baku pembuatan kemoceng. Pemeliharaan dan makanannya juga cukup mudah, kita bisa memberinya dedak, biji jagung, padi atau pelet pabrikan.

Untuk kebutuhan bisnis, kita bisa memelihara ayam petelur atau ayam pedaging yang memang memiliki permintaan sangat tinggi di masyarakat. Sebagai langkah awal, kita bisa mencoba memelihara beberapa ekor ayam di pekarangan rumah.

Bebek

Hewan ternak ini tergolong mudah dipelihara dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Makanannya pun mudah dan murah, hanya dengan memberi dedak atau ampas tahu.

Bebek termasuk kategori unggas yang cukup tinggi dikonsumsi masyarakat Indonesia, beberapa warung makan seperti penyetan menyediakan bebek sebagai pilihan menunya. Selain dagingnya, telurnya pun dapat dimanfaatkan menjadi telur asin.

Lele

Usaha beternak lele cukup digemari masyarakat. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan  kolam beralaskan terpal atau yang marak saat ini yaitu budi daya ikan dalam ember (budikdamber). Makanan lele terbilang cukup mudah, karena lele adalah pemakan segalanya.

Permintaan lele di pasaran cukup tinggi, karena lele merupakan salah satu menu yang disajikan di beberapa warung makan termasuk rumah makan Padang.

Entok

Unggas ini memiliki rasa yang mirip dengan bebek. Pemeliharaannya pun cukup mudah, entok dapat dilepaskan di halaman yang memiliki kolam, sehingga ia bisa mencari makanannya sendiri seperti cacing dan serangga serta berenang. Selain itu daya tahan tubuh entok juga cenderung lebih kuat dibandingkan ayam.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family