KOMENTAR

MELAKUKAN aktivitas bersama keluarga atau family time sangat penting dilakukan. Selain dapat mempererat ikatan batin antaranggota keluarga, kegiatan ini dapat menjadi intermezzo atau selingan di sela rutinitas harian yang padat.

Acara ini tentu akan ditunggu oleh anggota keluarga terutama ketika ada momen spesial seperti kenaikan kelas, kelulusan sekolah, atau kenaikan jabatan dari salah satu anggota keluarga.

Banyak orang beranggapan bahwa family time membutuhkan biaya yang besar karena identik dengan rekreasi ke tempat wisata atau makan di luar. Namun sebenarnya family time dapat dilakukan di rumah dan tentu saja tidak membutuhkan biaya sebesar jalan-jalan keluar rumah.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di rumah pada saat family time, antara lain:

Barbeque

Kegiatan barbeque sangat cocok untuk merayakan momen-momen spesial. Meskipun memerlukan biaya untuk berbelanja bahan-bahan makanan dan sedikit repot dalam memasak, namun kegiatan ini akan terasa sangat menyenangkan dan berkesan.

Acara ini dapat dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam. Namun lebih cocok bila diadakan ketika mendekati jam makan siang ataupun makan malam, agar hasil bebakaran dapat dinikmati bersama. Umumnya bebakaran cocok dilakukan di teras rumah, agar sisa pembakaran tidak mengotori lantai dalam rumah.

Berkebun

Berkebun memiliki banyak manfaat. Selain membuat rumah menjadi lebih asri, kegiatan ini juga dapat menyegarkan pikiran, melatih kesabaran, dan menambah kekompakan.

Berkebun juga dapat meningkatkan kesehatan apalagi jika dilakukan pada pagi hari, karena tubuh dapat terkena sinar matahari yang sangat bermanfaat untuk peredaran darah dan tulang.

Dan bila yang ditanam adalah jenis buah-buahan, maka kita akan semangat untuk merawat dan menunggunya hingga berbuah.

Berkemah

Kegiatan ini dapat dilakukan di teras atau di dalam rumah dengan menggunakan tenda. Lakukan pada musim kemarau agar tidak kehujanan. Sebelum berkemah, siapkan beberapa perlengkapan seperti berkemah pada umumnya agar terasa keseruannya meskipun hanya berada di rumah sendiri.

Piknik

Kegiatan ini dapat dilakukan di teras rumah dengan menggelar tikar ataupun karpet plastik di halaman. Sebelum piknik, siapkan beberapa perlengkapan seperti makanan atau minuman agar terasa menyenangkan. Sambil piknik di halaman rumah, kita bisa melakukan kegiatan lain seperti bermain aneka permainan (game) dari mulai ular tangga, catur, atau membaca aneka buku yang disukai masing-masing anggota keluarga.

Memasak bersama

Memasak menu favorit keluarga ataupun mencoba resep baru dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Untuk melakukannya kita dapat berbagi tugas, ada yang berbelanja, menyiangi bahan makanan, serta memotong dan memasaknya. Semua anggota keluarga tentu akan tidak sabar menunggu hasil masakan dan menikmatinya bersama-sama.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family