KOMENTAR

WAKTU merupakan hal yang paling berharga yang dapat diberikan kepada orang terdekat seperti keluarga. Namun mengalokasikan waktu untuk melakukan family time tidaklah mudah. Kesibukan pekerjaan dan sederet agenda kegiatan sosial sering membuat kita gagal melakukan family time.

Mungkin tak banyak orang menyadari bahwa meluangkan waktu untuk melakukan family time secara berkala dengan anggota keluarga akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari family time.

Mempererat ikatan keluarga

Melakukan kegiatan bersama dapat bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi dan ikatan batin antar-anggota keluarga. Masing-masing anggota keluarga akan merasa saling menyayangi dan mencintai.

Frekuensi interaksi yang intensif dan erat pada family time akan membuat anggota keluarga saling mengenal karakter masing-masing. Hal tersebut akan memunculkan rasa pengertian dan pemahaman antara anggota keluarga.

Kita dapat memahami hal-hal yang disukai dari pasangan atau anak kita, begitu juga sebaliknya. Hal tersebut dapat membentuk keharmonisan, baik antara pasangan suami istri maupun antara orangtua dengan anak.

Satu hal yang perlu diingat, family time mestilah dilakukan dengan kesadaran penuh dan kehadiran utuh setiap anggota keluarga. Pinggirkan ponsel dan singkirkan dulu berbagai kesibukan. Saatnya berinteraksi sepenuh hati untuk bisa mendapatkan segudang manfaat family time berikut ini.

Menjadi momen berbagi

Family time dapat dijadikan momen untuk saling mengutarakan perasaan, pendapat, keluh kesah ataupun bertanya mengenai hal-hal yang tidak dipahami.

Perhatian positif dari anggota keluarga dapat membuat setiap orang menjadi lebih tangguh dan semangat serta percaya diri dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari karena merasakan dukungan dari keluarga. Hal tersebut juga dapat mengurangi stres, depresi, dan gangguan mental lainnya.

Menambah pengalaman

Family time yang dilakukan dengan cara rekreasi bersama dengan anggota keluarga akan menambah pengalaman hidup. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh ataupun mahal. Family time dapat dilakukan di kota setempat, seperti mengunjungi museum, makan di luar bersama, atau jalan-jalan ke kebun binatang.

Selain menjadi momen menghilangkan kejenuhan dan merasakan bahagia bersama, aktivitas itu dapat dijadikan wadah untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Mengurangi risiko perselingkuhan atau kenakalan remaja

Perilaku negatif baik dari pasangan ataupun anak umumnya terjadi karena kurangnya ikatan emosi di antara mereka. Pasangan yang merasa kurang diperhatikan atau diapresiasi, cenderung akan mencari perhatian dari lawan jenis di luar rumah. Begitu pula dengan kenakalan remaja, dapat muncul dari ketidakharmonisan keluarga ataupun merasa tidak diperhatikan oleh orangtuanya.

Dengan rutin melakukan family time, setiap anggota keluarga akan merasa diperhatikan serta diperlukan kehadirannya, dan perilaku negatif dalam rumah tangga pun dapat dihindari.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family