post image
Tetap semangat beraktifitas di musim hujan/ Pixabay
KOMENTAR

MUSIM hujan tiba. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan berbagai intensitas akan turun setiap hari, setidaknya hingga akhir pekan ini, 8 Oktober 2022.

Musim hujan di Tanah Air membawa kekhawatiran tentang banjir. Seperti yang terjadi kemarin (4/10/2022), dilaporkan 31 titik di Ibu Kota Jakarta terendam air akibat curah hujan sangat tinggi yang mengguyur sejak siang menjelang sore. Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah penyangganya seperti Bekasi dan Tangerang.

Akibatnya sudah bisa ditebak, kemacetan terjadi di mana-mana, terlebih lagi hujan terjadi saat jam pulang kantor.

Namun demikian, musim hujan tentu tidak boleh menghalangi kita untuk tetap beraktifitas.

Yang kita butuhkan adalah persiapan untuk bisa menghadapi berbagai kemungkinan dalam perjalanan kita setiap hari. Yuk, simak 7 tips berikut ini.

Siapkan perlengkapan hujan

Payung, jas hujan, kantong plastik untuk membungkus tas dan lainnya, penutup plastik untuk ponsel, plastik pelapis sepatu atau sendal jepit, bisa kita letakkan dalam satu tas kecil berbahan anti-air. Jangan lupa membawanya ke mana pun, terlebih jika kita adalah pengguna moda transportasi umum.

Berangkat lebih awal

Hujan identik dengan air tergenang dan banjir di mana-mana. Sudah bisa dipastikan macet akan terjadi. Karena itulah, kita harus berangkat lebih awal dari biasanya.

Pun, akan lebih bijak jika kita bekerja lebih efektif dan efisien agar tak perlu menambah waktu bekerja. Pulang tepat waktu agar kita tak kehilangan lebih banyak waktu di jalan jika terjadi kemacetan atau akses jalan terputus.

Sarapan bergizi

Berangkat lebih awal bukan berarti kita meniadakan sarapan. Di musim hujan, tubuh harus berada dalam kondisi prima untuk bisa tetap sehat dan produktif. Yuk, biasakan diri mengonsumsi makanan bergizi seimbang sebagai 'amunisi' untuk memulai hari.

Konsumsi vitamin

Tak ada salahnya kita mengonsumsi supplement yang mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bagaimanapun juga, tubuh butuh perlindungan ekstra di musim hujan.

Pastikan kondisi kendaraan prima

Jika kita mengendarai kendaraan pribadi, pastikan motor atau mobil berada dalam kondisi baik. Jika perlu, cek kendaraan ke bengkel. Pastikan untuk memantau jalanan yang akan dilewati untuk menghindari banjir yang bisa membahayakan mesin kendaraan.

Cek prakiraan cuaca

Jangan lupa untuk membaca prakiraan cuaca setiap hari agar kita bisa selalu waspada dengan kondisi jalan.

Tentukan rute alternatif

Kita bisa membuat sejumlah rute alternatif yang bisa dilewati jika jalan yang biasa kita lewati tergenang air. Namun pastikan juga jalan-jalan tersebut aman untuk dilewati.




Drama Musikal Frozen Siap Digelar di Singapura, Yuk Kejar Tiketnya!

Sebelumnya

Selamat Hari Guru, Jadilah Penerang Pendidikan yang Tak Pernah Padam

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon