Tidak hanya acak-acakan, tidur dengan rambut basah juga memicu tumbuhnya jamur/Net
Tidak hanya acak-acakan, tidur dengan rambut basah juga memicu tumbuhnya jamur/Net
KOMENTAR

MEMANG paling segar jika pulang kerja, kemudian mandi sambil membasahkan rambut. Semua otot langsung relaks dan rasanya ingin segera tidur.

Tapi, jangan sampai kamu tertidur dengan rambut basah, ya. Sebab, tidur dengan rambut basah bisa menyebabkan beberapa penyakit. Jika ingin tidur, sebaiknya keringkan rambut dengan handuk atau hairdryer

Dijelaskan dr Tirta Mandira Hudhi dalam akun Instagramnya @pengpenggpeng, tidur dengan rambut basah memang tidak menyebabkan seseorang menjadi flu. Tapi, tidur dengan rambut basah bisa memunculkan jamur di kulit kepala.

“Jamur di kulit kepala yang tumbuh karena seringnya tidur dengan rambut yang masih basah, akan membuat kerusakan rambut yang parah. Mulai dari penumpukan ketombe, kerontokan rambut yang parah, hingga alergi,” kata dr Tirta.

Selain membuat rambut menjadi bau apek dan berketombe, memang tidur dengan rambut basah memiliki bahaya yang tidak bisa disepelekan. Mengutip berbagai sumber, ini bahaya dari tidur dengan rambut basah:

  • Mempercepat pertumbuhan jamur Malassezia

Setiap hari rambut manusia akan mengalami kerontokan, begitu juga dengan sel-sel kulit kepala, penyebab ketombe. Nah, rambut basah yang didiamkan, kemudian dibawa tidur, akan mempercepat tumbuhnya jamur Malassezia. Jamur itu bisa menginfeksi kulit kepala, apalagi ketika kita tidur di bantal yang basah karena keringat.

  • Tidak hanya merontokkan, juga merusak rambut

Jamur yang muncul akibat dari tidur dengan rambut basah, akan terus berkembang biak dan merusak helai demi helai rambut. Akibatnya, rambut akan mudah patah dan rontok. Rambut berada dalam kondisi rentan saat basah. Jika digunakan untuk tidur dan tergesek dengan bantal, maka rambut yang rapuh akan mudah pecah-pecah dan akhirnya patah.

  • Menurunkan imunitas

Mengutip Healthline, tidur dengan rambut basah memang tidak membuat flu. Tapi, tidur dengan rambut basah bisa menurunkan imunitas tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi rentan diserang penyakit, salah satunya flu.

Gunakan Kondisioner

Agar rambut basah tidak mengancam kesehatan, aplikasikan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut, setelah kamu mencucinya. Minyak kelapa dipercaya bisa melindungi rambut dari kerusakan.

Gunakan juga kondisioner, saat kamu keramas malam hari. Kondisioner melembutkan rambut dan melindunginya dari kerusakan. Rambut juga menjadi lebih mudah ditata, sehingga tidak terlihat acak-acakkan keesokan harinya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health