Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MENJALIN hubungan yang harmonis dengan orang lain merupakan harapan tiap manusia. Namun seringkali hubungan tersebut terganggu karena beberapa sifat negatif yang kita miliki.  

Berikut ini ada 30 tips yang diberikan oleh Icke Hamzah, seorang praktisi Personal Development dan Business Consultant pada sebuah acara training komunikasi di Dewi Griya Kecantikan di Bekasi.
1. Hindari kebiasaan menyalahkan, mengomel dan mengkritik.
2. Berikan penghargaan yang jujur dan tulus.
3. Bangunlah keinginan dan kemauan untuk berhasil dalam diri orang lain.
4. Berilah perhatian yang sungguh-sungguh kepada orang lain.
5. Tersenyumlah bila bertemu orang lain.
6. Ingatlah nama seseorang bagi pemiliknya.
7. Jadilah pendengar yang baik dan doronglah orang lain untuk berbicara tentang dirinya sendiri.
8. Bicaralah sesuai dengan minat orang lain. Bila Anda belum paham bertanyalah.
9. Cobalah dengan jujur membuat orang lain merasa penting dan lakukanlah dengan tulus.
10. Jauhi berdebat kusir. Bila anda berkomunikasi dengan seseorang dan mengarah kepada pembicaraan debat kusir lebih baik diam atau menghindar.
11. Hormati pendapat orang lain dan hindari mengatakan "anda salah".
12. Jika Anda salah segera akui dengan simpatik.
13. Mulailah interaksi dengan cara yang ramah.
14. Mulailah dengan hal-hal yang disepakati bersama.
15. Ajak lawan bicara anda berbicara banyak dan usahakan untuk tidak memotong pembicaraan.
16. Buatlah agar usul dan pendapat datang dari diri lawan bicara.
17. Cobalah dengan tulus memandang masalah dari sudut pandang orang lain. Hal tersebut bertujuan agar kita bisa menilai segala sesuatu dengan seimbang.
18. Bersimpatilah dengan ide orang lain.
19. Himbaulah seseorang dengan cara yang baik.
20. Buatlah ide Anda dengan cara yang ilustratif.
21. Berikan tantangan kepada orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cara yang baik.
22. Mulailah dengan pujian dan apresiasi yang tulus
23. Tunjukkan kesalahan secara tidak langsung.
24. Akui kesalahan sebelum mengkritik orang lain.
25. Ajukan pertanyaan sebagai ganti perintah langsung.
26. Beri pujian atas kemajuan kecilnya.
27. Hindari meremehkan setiap hal yang dilakukan orang lain.
28. Beri reputasi yang tinggi untuk dicapai.
29. Beri dorongan, buatlah kesalahan mudah diperbaiki. Bisa dilakukan dengan kalimat “Tidak apa-  apa, masih bisa dibenahi”.
30. Buatlah orang lain senang dengan apa yang Anda usulkan.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family