Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KELUARGA harmonis adalah impian semua orang. Namun untuk mewujudkannya perlu kesabaran dan perjuangan yang panjang, seperti diungkap oleh Ibu Yuyun Rahayu, pendiri komunitas Wanita Bekasi Keren sekaligus pemilik Dewi Griya Kecantikan di wilayah Bekasi. Ibu Yuyun Rahayu memiliki 4 orang anak dan 6 orang cucu, 2 diantara anaknya berprofesi sebagai dokter dan 1 orang berpofesi sebagai psikolog.

Untuk membina keluarga harmonis, Ibu Yuyun memiliki rumus 4K dan 4J, yaitu

Komitmen

Pernikahan merupakan komitmen bersama. Suami dan istri harus memiliki kesepakatan untuk saling setia dan menyayangi satu dengan lainnya.

Konsisten

Keluarga harmonis bukanlah keluarga lepas dari godaan dan ujian, namun masing-masing anggota keluarga mampu menghadapi godaan dan ujian dengan terus konsisten menjaga keutuhan keluarga.

Komunikasi

Dalam berumahtangga diperlukan komunikasi yang baik. Segala masalah harus didiskusikan dengan kesabaran dan saling pengertian antara satu dengan lainnya. Ingatkan pasangan dengan cara yang baik apabila ada hal-hal yang keliru di dalam diri pasangan.Ketika ingin berkomunikasi, pahami dan mengerti situasi yang sedang dialami satu dengan lainnya.

Kodrat

Masing-masing harus menyadari kodrat satu dengan lainnya. Seorang suami harus paham bahwa tugasnya adalah mencari nafkah dan mengayomi keluarga. Demikian juga dengan seorang istri, harus memahami bahwa tugasnya adalah melayani suami dan mengelola rumah tangga.

Jaga nama baik keluarga

Menjaga nama baik keluarga merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Hindari perkataan, perilaku dan perbuatan yang dapat menjatuhkan harkat dan martabat keluarga.

Jaga karir dan usaha

Menjaga karir dan usaha sangat penting untuk keberlangsungan keuangan rumah tangga. Kesejahteraan keluarga dapat terwujud apabila keuangan keluarga baik.

Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan pun tidak kalah pentingnya. Segalanya menjadi tidak berarti apabila kesehatan terganggu.

Jaga Kecantikan dan Penampilan

Menjaga kecantikan dan penampilan sangat penting dalam rumah tangga. Hal ini bisa membantu menjaga keharmonisan rumah tangga. Seorang suami akan senang melihat istrinya tampil rapi dan bersih, begitu pula sebaliknya.

Keluarga harmonis adalah  dunia yang tidak memiliki pendidikan secara khusus. Namun rumah tangga yang harmonis bisa diwujudkan dengan terus belajar menjadi lebih baik setiap harinya.

 

 

 

 

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family