Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KOPI adalah minuman yang paling populer di seluruh dunia. Aroma dan rasanya yang harum serta nikmat, selalu menjadi mood booster bagi kebanyakan penikmatnya. Jadi tak heran kalau kopi selalu dijadikan teman sarapan di pagi hari.

Tapi tahukah kamu bagaimana menyeduh kopi yang sehat?

Pada April 2020, beberapa peneliti mengungkap cara paling sehat untuk membuat secangkir kopi, yaitu dengan disaring. Ini studi pertama yang meneliti hubungan antara metode pembuatan kopi dan risiko serangan jantung serta kematian.

Temuan peneliti kemudian dimuat dalam European Journal of Preventive Cardiology of European Society of Cardiology.

"Kopi tanpa filter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah. Sementara yang disaring dapat menghilangkan zat tersebut, sehingga meminimalisir risiko serangan jantung serta kematian dini," kata Profesor Dag S Thelle, penulis studi tersebut.

Hal yang sama berlaku pada peningkatan kolesterol total dan kolesterol LDL jahat. Secangkir kopi yang disaring mengandung sekitar 30 kali lebih sedikit konsentrasi zat lipid daripada kopi tanpa filter.

Secara keseluruhan, peneliti menemukan bahwa minum kopi bukan kebiasaan yang berbahaya. Namun minum kopi saring lebih aman daripada tidak minum kopi sama sekali.

Sebab orang yang mengonsumsi kopi saring memiliki kemungkinan 15 persen penurunan risiko kematian dari penyebab apapun, 12 persen penurunan risiko kematian kardiovaskular pada pria, dan 20 persen penurunan risiko kematian kardiovaskular pada wanita. Sedangkan hal ini tidak ditemui pada orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Dan satu hal lagi, kematian terendah terjadi pada mereka yang mengonsumsi 1 sampai 4 cangkir kopi saring per hari.

Jadi dapat disimpulkan, minuman kopi yang difilter memiliki risiko kematian lebih kecil dibanding yang tidak difilter.

 

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health