Kenangan Emmeril Kahn Mumtadz saat bersenda gurau bersama ibunda tercinta, Atalia Praratya/ Foto:Instagram @Ridwan Kamil
Kenangan Emmeril Kahn Mumtadz saat bersenda gurau bersama ibunda tercinta, Atalia Praratya/ Foto:Instagram @Ridwan Kamil
KOMENTAR

INNALILLAHI wa inna ilaihi rajiun.

Telah berpulang ke rahmatullah, Emmeril Kahn Mumtadz Bin Mochamad Ridwan Kamil, dinyatakan hari ini Jumat 3 Juni 2022. Demikian keterangan yang disampaikan Erwin Muniruzaman sebagai perwakilan keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung (3/6/2022).

Kakak Ridwan Kamil itu juga meminta masyarakat memaafkan jika ada khilaf dan salah yang pernah dilakukan Eril selama ini.

"Insya Allah Eril husnul khatimah dan memenuhi syarat syahid akhirat," ujar Erwin.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyatakan bahwa Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya sudah mengikhlaskan kepergian putra sulung mereka yang menghilang setelah terseret arus sungai Aare di kota Bern, Swiss pada 26 Mei lalu.

MUI mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat ghaib untuk Eril sebelum maupun setelah pelaksanan salat Jumat.

Sebelumnya, beredar luas video Kang Emil sedang berdiri di tepi sungai Aare dengan tangan kanan berada di samping telinganya, mengumandangkan azan untuk putra tercintanya. Kiranya itulah doa perpisahan dari seorang ayah kepada anaknya.

Kang Emil bersama keluarga harus kembali ke Tanah Air untuk menjalankan amanah yang mereka emban di negara ini. Raga boleh jauh di mata, namun doa tentu selalu mengalir untuk Eril.

"Kami mohon maaf dan pengertian apabila Kang Emil dan Teh Lia (Atalia) akan membutuhkan waktu terlebih dahulu untuk bersama keluarga besar. Ibunya Teh Lia, ibunya Kang Emil, dan keluarga besar semua untuk saling menguatkan," tambah Erwin, meminta publik memberi ruang untuk keluarga Ridwan Kamil sesampainya di Tanah Air.

Tentang Eril

Emmeril Kahn Mumtadz lahir di New York, 25 Juni 1999. Ia lahir ketika sang ayah sedang menyelesaikan pendidikan S2 di Amerika Serikat.

Menghabiskan masa SD dan SMP di Pesantren Darul Hikam, Bandung, Eril tumbuh menjadi anak yang santun, cerdas, dan penuh empati.

Karier politik Ridwan Kamil yang terus menanjak tak membuat putranya tersebut besar kepala. Saat duduk di bangku SMA, Eril tak malu naik sepeda menuju sekolahnya di SMA 3 Bandung meski saat itu sang ayah sudah berstatus wali kota Bandung.

Prestasi di bidang akademik Eril makin bersinar setelah ia masuk S1 Institut Teknologi Bandung (ITB), kampus yang sama dengan sang ayah walaupun tidak di jurusan yang sama.

Namun bukan hanya disibukkan dengan belajar, Eril juga mendedikasikan diri untuk aktif organisasi, terutama yang berisi kegiatan sosial. Ia bahkan turun langsung memberikan bantuan bagi masyarakat terdampak di masa awal masa pandemi COVID-19.

Eril dikenal sangat dekat dengan adik perempuannya, Camillia Laetitia Azzahra dan si kecil yang lucu, Arkana Aidan. Di tengah kesibukannya semasa kuliah hingga lulus, ia selalu menyempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga.

Selamat jalan, Eril....

 




Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sebelumnya

Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News