post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

WAKTU cepat berlalu, tak terasa anak-anak pun terus tumbuh menjadi remaja dan dewasa. Terkadang para orangtua merasa melewatkan begitu banyak waktu untuk bersama mereka.

Apalagi ketika anak tumbuh dewasa, sulit sekali untuk bisa dekat dengan mereka. Kesibukan anak menjadi salah satu alasannya. Dan mereka sepertinya mulai menjauh.

Tapi rasa jauh itu bisa didekatkan kembali dengan beberapa cara. Mengutip Sayangi Anak, ada 5 tips mendekatkan diri dengan si kakak yang mulai beranjak dewasa.

1. Cari waktu untuk berlibur

Ajak anak-anak untuk istirahat sejenak dari aktivitasnya. Buat rencana berlibur bersama, sehingga kelelahan beraktivitas selama ini bisa dihilangkan dan digantikan dengan cerita-cerita baru yang menyenangkan.

Usahakan saat berlibur bersama tidak ada gadget yang memisahkan. Jadi kebersamaan akan sangat terasa.

2. Menemani anak membeli kebutuhannya

Aktivitas menemani anak membeli barang-barang kebutuhannya bisa juga parents lakukan untuk tetap dekat dengan anak. Walaupun mereka sudah besar, terkadang kehadiran orangtua saat membeli sesuatu tetap diperlukan, loh.

Parents bisa membantunya memberikan pilihan atau saran barang-barang apa saja yang Diperlukannya atau yang cocok dengannya. Jadi anak akan merasa bahwa orangtuanya tetap hadir di saat mereka memerlukan pendapat.

3. Buat si pendiam, aktifkan buku diary

Untuk kakak yang pendiam, parents bisa menggunakan buku diary untuk membantunya mengungkapkan perasaan. Semakin besar anak, tentunya semakin rumit pula kisah hidupnya.

Parents bisa memulai dengan mengungkapkan rasa sedang, sedih maupun lelah di sebuah buku diary atau jurnal yang bisa pula dibacanya. Dengan begitu anak tidak akan sungkan untuk menceritakan keadaannya.

Jadi parents tetap bisa mengontrol perasaan anak setiap hari.

4. Libatkan anak dalam kegiatan kemasyarakatan

Walaupun saat ini aktivitas kakak sangat padat, ajarkan ia untuk meluangkan sedikit waktunya untuk kegiatan kemasyarakatan. Misalnya bakti sosial, kerja bakti, dan lainnya.

Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya berguna untuk menumbuhkan rasa empati anak terhadap lingkungan, tetap juga bisa mempererat hubungan parents dengan mereka.

5. Olahraga bersama

Cara paling efektif untuk bisa tetap dekat dengan si kakak adalah olahraga bersama. Tidak perlu waktu lama tapi bisa sangat mendekatkan.

Misalnya parents bisa menjadwalkan setiap pagi di hari weekend untuk berolahraga selama 30-60 menit. Joging ringan di seputaran rumah atau taman kota.

Lima tips di atas adalah beberapa cara yang parents bisa lakukan untuk tetap dekat dengan anak yang mulai beranjak dewasa. Semoga di sela-sela aktivitasnya yang padat bisa parents sisipkan waktu bersama agar tidak merasa kehilangan kebersamaan dengannya.




Bunda, Kenali dan Waspadai Ciri Anak Depresi. Begini Cara Mengatasinya

Sebelumnya

Di Balik Alasan Mengapa Usia Anak Masuk SD Harus 7 Tahun?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting