post image
Orang terdekat akan mendukung di saat kita sedang melemah secara fisik maupun mental. Lingkungan terdekat pula yang menjadikan kita bahagia dan bersyukur hingga kita awet muda/ Foto: Agung Hadiawan
KOMENTAR

ADAKAH perempuan yang tidak mau dipuji berpenampilan awet muda? Rasanya tidak.

Diakui atau tidak, disebut lebih muda dari usia kita sebenarnya menjadi sebuah sanjungan yang menyenangkan untuk didengar.

Bagaimana agar kita bisa terlihat awet muda?

Ada banyak tips yang bisa dijalankan baik itu dari sisi kesehatan fisik maupun kesehatan mental, karena kita tahu, penampilan awet muda tidak datang hanya dari perawatan wajah berharga fantastis.

Seperti halnya kecantikan, ada inner beauty yang menggenapkan outer beauty seorang perempuan. Seseorang akan memiliki penampilan yang stunning bukan hanya karena tubuhnya dibalut adibusana karya desainer papan atas melainkan juga ditunjang attitude yang layak.

Ada 7 ciri perempuan awet muda yang bisa kenali, seperti diunggah @thiqla.id berikut ini.

1# Rajin ibadah
Sudah pasti, ibadah yang dilakukan secara ikhlas dari dalam hati akan menimbulkan perasaan damai dan tenang. Ibadah membuat kita pasrah dan tidak berpikir berlebihan atas segala hal yang terjadi.

Pikiran kita pun menjadi lebih jernih untuk menjalani suka duka kehidupan. Percaya atau tidak, kondisi itu membuat kita otomatis tampak lebih muda.

2# Aktif bergerak
Aktif secara fisik dapat membantu kita mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan sejumlah masalah kesehatan lain.

Seiring usia, massa otot akan berkurang. Tapi dengan aktif bergerak, otot bisa lebih terpelihara dan terbangun hingga metabolisme dan berat badan bisa terjaga.

3# Punya teman dekat lebih dari 10 tahun
Hubungan interpersonal yang sehat dapat membantu mengurangi stres. Salah satu bukti hubungan interpersonal yang sehat adalah jika kita punya teman dekat lebih dari 10 tahun.

Orang terdekat akan mendukung di saat kita sedang melemah secara fisik maupun mental. Lingkungan terdekat pula yang menjadikan kita bahagia dan bersyukur hingga kita awet muda.

4# Menyukai tantangan
Menyukai tantangan baru akan memacu adrenalin yang berimbas pada meningkatnya kadar hormon endorphin yang membuat kita lebih bahagia. Sebaliknya, orang yang tidak menyukai tantangan cenderung menjalani rutinitas membosankan hingga menjadi lebih cepat tua.

5# Sering tertawa dan tersenyum
Tersenyum dan tertawa adalah obat fisik sekaligus obat mental. Ketika kita marah, kita akan punya banyak kerutan di bagian dahi akibat dahi tertarik saat emosi memuncak dan mata mengecil. Ketika senyum mengembang dengan tulus, tak hanya wajah yang tampak bersinar lebih muda, pikiran pun menjadi lebih segar.

6# Merasa lebih muda dari usia sebenarnya
Profesor Psikologi dari University of Michigan Jacqui Smith, PhD mengatakan bahwa merasa awet muda berkaitan dengan kesehatan yang lebih baik dan umur yang lebih panjang.

Ketika kita merasa kita lebih muda dan awet muda, kondisi ini meningkatkan optimisme dan motivasi untuk mengatasi masalah, mengurangi stres, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Inilah kekuatan perasaan yang menjadi sugesti positif.

7# Suka minum teh
Bukan sembarang teh, melainkan teh hijau dan teh hitam yang kaya katekin. Yaitu zat yang membantu agar pembuluh darah tidak tegang sekaligus melindungi jantung. Ditambah lagi, minum teh hijau atau teh hitam setiap hari, risiko stroke dan penyakit jantung juga berkurang. Jangan lupa, tanpa tambahan gula ya!

 




Mengapa Persahabatan Bisa Berakhir? Simak Sebabnya Agar Tak Terjadi Pada Anda

Sebelumnya

Kenali Distimia, Depresi Kronis Jangka Panjang yang Berbahaya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family