post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SAAT lebaran saatnya membuka pintu silaturahmi keluarga dan handai taulan. Tak seperti kebanyakan orang dewasa, untuk anak ajang silaturahmi ini tak selalu membuat mereka senang.  Seringkali mereka berulah macam-macam untuk segera pulang ke rumah atau kembali ke dalam kendaraan. Nah, kalau sudah begini orangtua harus berusaha keras agar mood anak tetap gembira.

Hal yang paling penting sebelum mengajak anak ke luar rumah adalah berbagai persiapan untuk berjaga-jaga sebelum terjadi drama. Saat kita sedang asyik berbincang dengan saudara misalnya, bisa saja si kecil menjadi rewel bukan kepalang.  

Agar tak bingung dan kerepotan yuk simak tips berikut ini:

1. Orangtua paling mengenali karakter anaknya. Bila anak termasuk mudah rewel jika terlalu lama di rumah orang, batasi lamanya kunjungan.

Bisa juga orangtua menyiapkan mainan kesukaan anak, makanan ringan favoritnya untuk membuatnya bisa beralih dari rasa bosannya saat ikut bertamu.

2. Sampaikan situasi tempat yang akan dikunjungi pada anak. Tak ada salahnya menjelaskan siapa yang akan anak temui nanti, dimana lokasi ayah dan bunda akan mengajak anak, mengapa berkunjung ke orang tersebut dan sebagainya.

3. Tak perlu memaksa anak untuk langsung berbaur dengan keluarga yang baru ditemuinya. Wajar jika dalam rentang yang lama anak baru bertemu lagi dengan keluarga yang lain dan seolah membuat jarak.

Bukan berarti anak tidak mau dekat dengan keluarga hanya saja mereka butuh beberapa waktu untuk mengamati, merasa nyaman, dan akhirnya mau membaur dengan akrab. Ingat ya bund, hindari memaksa!



Close X

Siapkan Mental Saat Si Kesayangan Beranjak Dewasa, Ini Tips Agar Tetap Dekat Dengannya

Sebelumnya

Masih Menganggap Nilai Akademis Anak Hal Terpenting? Coba Baca Ini, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting