Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

RAMADHAN adalah bulan penuh berkah, termasuk bagi wanita yang sedang berhalangan menjalankan ibadah puasa atau sedang dalam keadaan haid. Ada banyak amalan yang bisa dijalankan untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah.

Walaupun banyak larangan untuk wanita haid selama Ramadhan, Allah tentunya memberikan kemudahan bagi hamba-Nya. Kemudahan-kemudahan tersebut dapat dijalankan siapa saja, termasuk wanita yang sedang haid, agar mendapatkan limpahan pahala dari-Nya.

1. Berdoa

Allah meminta umat-Nya untuk berdoa dalam keadaan dan kondisi bagaimanapun. Saat sedang berhalangan atau wanita yang sedang haid, berdoa masih diperbolehkan. Apalagi berdoa sepanjang bulan Ramadhan, merupakan bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Wanita yang sedang dalam keadaan haid tetap bisa memohon dan meminta serta mendekatkan diri kepada Allah. Juga bisa mengamalkan doa harian seperti al-Ma'tsurat, yaitu kumpulan doa harian yang diamalkan Rasulullah.

"A'udzubillaahis samii'il 'aliimi minassyaithoonirrojiim"

Artinya: Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk.

2. Berdzikir

Berdzikir, menyebut nama Allah SWT, juga bisa dilakukan oleh siapa saja dalam keadaan bagaimanapun, salah satunya wanita yang sedang haid. Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan.

Jenis-jenis dzikir yang bisa dibacakan pun banyak, seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan lainnya. Dzikir juga bisa dilakukan untuk memohon pengampunan Allah dengan beristighfar dan bertobat.

3. Mendengar lantunan Al Qur'an

Saat haid, wanita muslim tetap bisa mendapatkan amalan dengan mendengarkan seseorang membaca Al Qur'an. Dengan mendengarkan lantunan ayat suci, wanita yang sedang haid bisa tetap berada dekat dengan Allah.

Seperti diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah, "Dari Aisyah Ra ia berkata: Rasulullah Saw meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid dan ia membaca Al Qur'an".

Demikianlah amalan-amalan yang bisa dikerjakan selama Ramadhan oleh wanita yang sedang haid. Amalan-amalan ini akan tetap mendekatkan kita kepada Allah SWT dan pahala yang berlimpah dijanjikan oleh-Nya bagi umat yang menjalankan.

 




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur