Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEJAUH ini, orang awam melihat tidak ada yang berbeda dari gejala flu biasa dengan Omicron. Karena itu, mereka menganggap hanya hal yang biasa saja jika terjadi flu, batuk atau demam.

Padahal jika diperhatikan dengan teliti, tentunya ada perbedaan signifikan antara gejala flu dengan gejala yang menunjukkan seseorang terinfeksi virus Corona.

Menurut The UK's National Service, perbedaan itu terlihat dari beberapa hal, yaitu:

1. Batuk kering. Pada pengidap Covid-19, batuk kering sudah pasti menjadi gejala tetap. Sementara pada flu biasa, hanya sebagian orang saja yang mengalami gejala demikian.

2. Demam. Begitu pula dengan demam. Orang yang terinfeksi covid sudah pasti akan merasakan demam. Sementara flu biasa jarang sekali memunculkan gejala demam.

3. Sakit Tenggorokan. Berbeda dengan demam dan batuk kering, pada beberapa kasus omicron, hanya beberapa pasien yang mengeluhkan sakit tenggorokan. Padahal orang dengan gejala flu biasa sering mengalami hal ini.

4. Sakit kepala. Menurut Dr Hai Shao, dokter penyakit menular di San Diego, penderita omicron seringkali mengalami sakit kepala luar biasa.

5. Nyeri badan. Justru pada penderita omicron, gejala nyeri badan hanya terkadang saja dirasakan, berbeda dengan orang yang menderita flu biasa, justru nyeri badan seringkali dikeluhkan.

6. Bersin. Orang yang seringkali bersin, bisa dibilang akhirnya akan mengalami influenza, sementara hal tersebut (bersin) hanya terkadang saja dialami pasien COVID-19.

7. Kehilangan penciuman. Saat ini, jika seseorang mengalami kehilangan indera penciuman secara tiba-tiba dapat dipastikan ia sudah terinfeksi virus corona.

8. Sesak napas. Pada penderita flu biasa, tidak akan terjadi sesak napas atau kesulitan bernapas.

Namun tetap saja ahli menyarankan untuk melakukan tes covid guna memastikan apakah terinfeksi virus corona atau tidak. Dengan begitu, penanganan pada pasien bisa dilakukan dengan tepat, sehingga menurunkan risiko terjadinya gejala berat hingga kasus fatal, yaitu kematian.

 




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health