Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

JALAN kaki adalah olahraga paling ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada banyak manfaat berjalan kaki jika dilakukan secara rutin, seperti membakar lemak, menyehatkan jantung, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi.

Ternyata tak hanya itu, menurut penelitian yang diterbitkan JAMA Internal Medicine, pekan lalu, orang yang berjalan kaki selama 10 menit ekstra setiap hari, maka lebih dari 110 ribu kematian setiap tahun bisa dicegah. Studi ini menggunakan akselerometer alias pelacak aktivitas untuk memperkirakan bagaimana aktivitas fisik yang lebih banyak dapat mencegah kematian.

Hasil penelitian ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. CDC Amerika Serikat merekomendasikan orang dewasa untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggu untuk membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan mencegah kematian dini. Ini sama artinya setiap orang disarankan berolahraga selama 30 menit setiap hari selama 5 hari.

Nah, jalan kaki bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari atau meningkatkan energi di sore hari. Walau begitu, ada beberapa hal yang perlu diingat:

1. Jika ingin melakukannya dengan cepat, lakukan dengan intensitas sedang hingga berat. Indikasi terbaik melakukan aktivitas sedang atau berat adalah napas yang relatif pendek, di mana akan kesulitan untuk berbicara dengan kecepatan yang sama.

2. Konsisten. Cara terbaik untuk konsisten adalah memasangkannya dengan sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Misalnya, sudah terbiasa bangun jam 6 pagi dan sarapan pada pukul 7. Maka di sela-sela waktu tersebut disisipkan jalan kaki selama 10 menit.

3. Manfaatkan lingkungan. Misalnya memarkir mobil lebih jauh dari tempat kerja atau rumah agar bisa berjalan. Atau gunakan tangga daripada lift atau eskalator.

Apapun yang dilakukan, 10 menit itu sangat berharga. Jika konsisten atau rutin mengerjakannya, maka akan terjadi peningkatan kecil dan lebih mudah untuk melanjutkannya atau meningkatkannya ke level yang lebih berat.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health