Foto: Media Relation Bangun Kota
Foto: Media Relation Bangun Kota
KOMENTAR

DEMI meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat Kota Bekasi untuk menjaga lingkungan, forum komunitas di Bekasi menggelar event Festival Pohon bertema “Beks to Nature (Bekasi Untuk Alam)” pada Minggu 16 Januari 2022 di Pasar Alam Vida Bekasi.

Beks to Nature memperlihatkan kepada masyarakat bahwa melestarikan lingkungan bukanlah sebuah hal yang sulit dan sulit dijangkau.

Berawal dari keresahan bersama mengenai besarnya timbunan sampah dan minimnya RTH (Ruang Terbuka Hijau) di Kota Bekasi, 35 komunitas di Bekasi kemudian mengadakan acara yang dikemas secara aktif agar masyarakat merasa senang menjaga lingkungan dalam keseharian mereka.

Presiden Komunitas Bangun Kota, Abi Sutanrai mengatakan bahwa masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi isu berkepanjangan di masyarakat, bahkan selalu meningkat setiap tahunnya. Namun semua orang sepakat bahwa kebersihan lingkungan dimulai dari kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Setelah itu, barulah diperlukan pengetahuan mengenai pengelolaan sampah, sosialisasi program, insfrastruktur yang mendukung dan memadai, hingga regulasi yang berkenaan dengan isu lingkungan.

Beks to Nature mengajak masyarakat untuk lebih proaktif dalam usaha melestarikan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan tidaklah mudah, masyarakat perlu dilibatkan dalam pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dalam lingkup yang lebih kecil yakni skala rumah tangga seperti meminimalisir produksi sampah, menanam di pekarangan yang terbatas, juga memanfaatkan kembali sampah organik dan non-organik,” jelas Abi.

Kegiatan ini juga secara kolaboratif mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk menjaga dan merawat lingkungan.

Beks to Nature yang diinisiasi komunitas-komunitas di Bekasi bekerja sama dengan mitra swasta Vida Bekasi menghadirkan Pak Tri Adhianto selaku Plt. Walikota Bekasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, serta Kepala Bidang Pemasaran dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Koperasi Savira dan LCJS Fun Urbana. Adanya keterlibatan lintas stakeholder diharapkan akan memberikan dampak yang besar dan keberlanjutan.

Beks to Nature beragendakan beragam kegiatan yaitu Tanam Pohon Kebaikan, Community Gathering, Workshop Eco-print, Workshop Kokedama, Eco-Talk, Community Performance, dan Galeri Komunitas.

Dengan beragamnya kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan pesan mengenai kepedulian lingkungan memiliki gaung resonansi yang makin luas dan mengena di hati seluruh warga Kota Bekasi.

Tentang Bangun Kota

Bangun Kota adalah forum lintas komunitas di Kota Bekasi yang bergerak dalam bidang art, creative, culture, sustainability, dan tourism. Bangun Kota konsisten untuk menumbuhkan rasa bangga masyarakat akan Kota Bekasi dan menghadirkan ruang publik yang ramah untuk semua melalui kolaborasi karya.




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News