post image
KOMENTAR

ORANG dewasa pernah menjadi anak-anak, namun tentunya anak-anak belum pernah tumbuh sebagai orang dewasa. Tapi anak-anak bisa loh bersikap dewasa dengan sangat bagus, sementara orang dewasa masih suka bersikap seperti anak-anak.

Ada sisi positif saat anak bisa bersikap dewasa, yang tentunya orangtua atau orang dewasa bisa belajar dari mereka.

Apa saja hal-hal yang perlu dipelajari dari anak-anak agar orangtua bisa bersikap lebih dewasa?

1. Belajar Optimis

Saat anak masih balita, mereka tidak mengenal putus asa, belajar merangkak, berdiri, hingga berjalan. Mereka optimis mampu melakukan semua hal hingga bisa tertawa lega. Bayangkan jika anak-anak bersikap seperti orang dewasa yang mudah putus asa, mereka tidak akan mampu berjalan dengan baik.

Nah, masalah apa yang solusinya tidak sama dengan latihan berjalan. Dalam menjalani kehidupan, terkadang kita tersandung dan harus memulai tahap perbaikan dari awal kembali. Jadi, Anda bisa memperbaikinya secara bertahap, penuh rasa optimis, dan tertawa.

2. Belajar Tidak Mendendam dan Membesar-besarkan Masalah

Pernah tidak melihat anak bertengkar dengan temannya? Tidak perlu waktu lama mereka kemudian kembali bermain bersama. Tidak ada dendam di antara anak-anak itu.

Sepatutnya orang dewasa bisa belajar untuk tidak menaruh dendam dan membesar-besarkan masalah. Yang perlu dilakukan adalah memaafkan dan kemudian melakukan introspeksi, agar bisa memulai kembali dengan lebih baik lagi.

3. Percaya Pada Mimpi

Tidak ada anak yang tidak memiliki mimpi dan mereka percaya saat besar nanti mimpi-mimpi itu akan terwujud.

Ada baiknya orang dewasa juga percaya pada mimpi. Jangan melulu mentok pada realita atau kenyataan. Barengi dengan berusaha semaksimal mungkin.

Yang perlu menjadi catatan penting, tidak semua orang dewasa bisa berpikir dewasa dan tidak selamanya pula anak-anak selalu kekanakan. Bersikap jujurlah dan fair dalam menghadapi situasi apapun.

Tidak mengapa untuk menoleh sejenak, saat Anda masih kanak-kanak yang tegar menghadapi kegagalan dan memiliki sejuta impian. Imbangi dengan rasa percaya diri dan usaha yang maksimal untuk mewujudkannya.

 

Close X

Bunda Punya Sifat Pengekang? Kenali Tanda dan Alasan untuk Berubah Agar Anak Bahagia

Sebelumnya

11 Tata Krama yang Wajib Diajarkan Pada Buah Hati, Mengetuk Pintu Salah Satunya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting