Foto: Tangkapan layar Instagram @jokowi
Foto: Tangkapan layar Instagram @jokowi
KOMENTAR

MEMASUKI hari pertama tahun 2022, Presiden Joko Widodo menyampaikan pesannya untuk rakyat Indonesia. Kalimat penyemangat itu diunggah dalam akun resmi Twitter dan Instagram @jokowi.

Tahun 2021 telah berlalu bersama segenap ujian bagi bangsa ini. Ada pandemi, resesi, juga ketidakpastian yang tinggi.

Semua ujian itu telah menempa bangsa yang besar ini. Menguatkan kita.

Menyatukan kita. Dengan tempaan itu, kita menyongsong tahun 2022 dengan semangat baru, bekerja untuk Indonesia Maju.

Tahun 2021 memang telah menorehkan berbagai cerita bagi rakyat Indonesia. Meski garis besarnya masih berkutat pada pandemi COVID-19 dan berbagai dampaknya secara kesehatan, ekonomi, maupun sosial, telah banyak anak bangsa yang berusaha bangkit untuk melangkah maju. Dan kita bersyukur bahwa hingga saat ini kurva pandemi terus melandai di Tanah Air.

Rakyat mulai terbiasa untuk 'bergerak' secara digital dan virtual. Beradaptasi dengan hiruk-pikuk penyebaran corona, mulai Alpha hingga Omicron. Mulai rapat internal perusahaan, kegiatan belajar mengajar, seminar internasional, konsultasi medis, hingga fashion show bisa dilaksanakan secara hybrid.

Perlahan tapi pasti, roda perekonomian yang sempat macet pada masa awal pandemi, kini mulai berputar lagi. Sektor UMKM mulai menggeliat dengan para pelaku usaha yang makin kreatif untuk menjemput peluang.

Sejumlah startup potensial lahir di masa pandemi dan terus berkembang nilainya. Pasar ekspor terbuka semakin lebar dan produk Indonesia semakin banyak diminati di pasar global.

Presiden Jokowi bahkan menyatakan Indonesia siap memulai transformasi ekonomi melalui hilirisasi dan industrialisasi bahan mentah dan pemanfaatan energi hijau. Hal itu disampaikan Presiden saat melakukan groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia, Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (21/12/2021).

Pariwisata Nusantara juga menunjukkan tren positif. Seiring imbauan pemerintah agar masyarakat tidak pergi ke luar negeri untuk urusan tidak penting, industri pariwisata di Tanah Air bersiap menyambut para wisatawan domestik menikmati masa liburan akhir tahun. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan—termasuk mengurangi kuota, antusiasme masyarakat mengeksplorasi destinasi wisata di berbagai pelosok negeri pun semakin tinggi.

Pun dengan target vaksinasi yang sudah melampaui target WHO, juga percepatan vaksinasi dosis booster pada awal tahun ini, menjadi suntikan semangat untuk Indonesia segera lepas dari pandemi.

Namun bukan berarti negeri ini jemawa. Ketidakmerataan pembangunan dan pendidikan, hukum yang tajam di satu sisi namun tumpul di sisi lain, korupsi yang masih marak, utang negara yang tak kunjung menyusut, hingga potensi perpecahan antarkelompok akibat ulah para oportunis, menjadi 'dinding' yang menghalangi melejitnya negeri ini.

Indonesia, semoga semangat kita tetap menyala. Mari mengukir lebih banyak prestasi dan mengurangi gesekan akibat sensasi.

Seperti penggalan pesan Presiden Jokowi di atas, "Semua ujian itu telah menempa bangsa yang besar ini. Menguatkan kita. Menyatukan kita."

Semoga.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News