post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

GADGET saat ini menjadi kebutuhan primer. Banyak orang yang bisa berlama-lama memegang gadget/ handphone. Entah untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah, atau bermain game. Akibatnya, banyak yang mengeluh pergelangan tangan dan jari-jari menjadi mudah lelah atau pegal.

Menurut dr Meredith Osterman, seorang dokter di Philadelphia Hand Center, terlalu banyak mengetik dapat menyebabkan peradangan atau tendonitis. Akibatnya tangan mudah nyeri, kram, dan berdenyut-denyut di daerah lengan.

Namun rasa nyeri itu bisa hilang dengan sendirinya saat tidak lagi mengetik atau bermain handphone.

Olahraga Ringan untuk Tangan Pegal

Saat nyeri pergelangan atau jari mulai terasa akibat terlalu lama memegang gadget, lakukan 5 olahraga ringan ini untuk memulihkannya.

1. Satukan kedua telapak tangan dan kaitkan jari jemarinya. Perlahan, panjangkan tangan menjauh dari tubuh. Rasakan peregangan ini dari bahu hingga jari-jari tangan.

2. Masih dalam posisi yang sama dan tangan saling menggenggam, bawa kedua tangan ke atas kepala. Rasakan peregangan pada tubuh bagian atas dan dari bahu hingga ke tangan.

3. Langkah selanjutnya, panjangkan tangan ke arah depan. Pastikan siku benar-benar lurus. Posisikan telapak tangan menghadap ke bawah, kaitkan ibu jari dan bungkukkan telapak tangan ke arah lantai.

4. Putarkan telapak tangan ke atas dan regangkan tangan ke atas tubuh. Latihan ini berfungsi meregangkan lengan bawah dan otot pergelangan.

5. Buka tangan selebar-lebarnya dan regangkan jari sejauh mungkin.

Cara Mencegah Tangan Pegal

Agar tangan tidak pegal saat terlalu lama memegang gadget, ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:

•  Jangan menekan layar terlalu keras karena dapat menekan saraf jari.
•  Gunakan kuku untuk menggulirkan tampilan layar.
•  Jika harus mengirimkan pesan, kirim.pesan singkat. Jika harus chat dalam waktu lama, istirahatkan jari dan tangan setiap 15 atau 20 menit.
•  Gunakan alternatif jari yang lain saat ibu jari mulai terasa lelah.
•  Jangan terlalu lama menggenggam hp, letakkan di meja atau sanggahan hp.
•  Jaga postur tubuh dengan baik saat bermain gadget.
•  Ketika beristirahat, gunakan untuk berjalan-jalan, meregangkan badan, memutar-mutar, atau melemaskan pergelangan tangan (lakukan 5 olahraga ringan di atas).
•  Saat memutuskan beristirahat, jauhkan ponsel dari jangkauan.
•  Hindari tekanan yang membuat bahu dan leher pegal.
•  Gunakan fitur voice-to-text, sehingga jari tidak lelah mengetik dan bisa beristirahat.

Jadi perlakukan tangan dan jarimu dengan baik. Istirahatkan dan lakukan olahraga ringan agar tidak terjadi peradangan pada pergelangan dan jari.

 

Close X

Kenali Henti Jantung, Penyebab Kematian Putri Nurul Arifin

Sebelumnya

Terinfeksi Omicron? dr Tirta: Jangan Panik, Cukup Istirahat 5 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health