Anak rentan kecanduan ponsel/Freepik
Anak rentan kecanduan ponsel/Freepik
KOMENTAR

LAPORAN State of Mobile 2024 menunjukkan Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang paling lama menggunakan ponsel per harinya.

Diketahui pada tahun 2023, warga Indonesia menghabiskan waktu untuk bermain gadget (gawai) mencapai 6,05 jam setiap harinya. Waktu tersebut menjadi paling lama dibandingkan rata-rata peringkat 10 besar dengan waktu 5 jam per hari.

Setelah Indonesia, di urutan kedua ada negara Thailand yang menghabiskan 5,64 jam per hari. Selanjutnya Argentina di peringkat ketiga dengan waktu 5,33 jam per hari.

Ada banyak dampak negatif dari kecanduan gadget, antara lain;

Gangguan pada mata

Mata akan lelah, kering, hingga gangguan penglihatan.

Kurang tidur

Kebiasaan memegang gadget menjelang tidur akan dapat memicu gangguan kesehatan seperti menurunkan perkembangan otak, daya belajar, hingga prestasi.

Obesitas

Kecanduan gadget juga dapat membuat orang malas bergerak. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, stroke usia dini, hingga penyakit jantung.

Terganggunya kesehatan mental

Dapat meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis, juga dapat membuat anak kesulitan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Berbahaya bagi otak

Gelombang elektromagnetik dapat berdampak buruk terhadap kemampuan belajar anak dan dapat menyebabkan gangguan perilaku.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

  1. Batasi Penggunaan Gadget pada Anak. Pada orang dewasa bisa mengontrol penggunaan gadget sesuai kebutuhan dan prioritaskan untuk hal penting. Untuk anak-anak, orang tua wajib membatasi penggunaan gadget dan membuat jadwal penggunaan gadget.
  2. Buat Aktivitas Menyenangkan. Kalian bisa mencoba beraktivitas seperti bertemu teman, mencoba hobi baru, membaca buku dan lainnya. Untuk anak-anak, orang tua dapat mengajak mereka untuk melakukan aktivitas menyenangkan.
  3. Ciptakan Wilayah Bebas Gadget di Rumah. Buat aturan yang membuat penghuni rumah tidak boleh bersama dengan gadget, seperti saat di ruang makan, ruang keluarga/ruang tv, juga kamar tidur.
  4. Sadari Bahaya Menggunakan Gadget Terlalu Lama. Orang tua wajib memberitahukan bahwa gadget bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Butuh kesadaran kuat dari segenap masyarakat agar Indonesia bisa dikenal dengan lebih banyak prestasi daripada menjadi nomor satu dalam urusan kecanduan gawai.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family