Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MASIH suka berteriak saat mengasuh si buah hati? Rasanya melelahkan, ya Bunda? Apalagi kalau teriakan Bunda tidak digubris oleh anak, rasanya sangat menjengkelkan.

Mengasuh anak dengan banyak teriakan sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab selain bisa membuat anak semakin membangkang, teriakan Bunda pun dapat membuat si kecil trauma.

Lalu, adakah cara mengasuh anak tanpa harus berteriak?

Psikolog Irma Gustiana, memperkenalkan konsep pola asuh anak tanpa berteriak atau yang disebutnya "screamfree".

"Bukan tentang menjadi orangtua yang sempurna dengan teknik pengasuhan yang sempurna, untuk membesarkan anak-anak yang sempurna. Ini tentang bagaimana orangtua memastikan bahwa mereka bisa menjadi dewasa, dapat mengendalikan emosi agar tidak reaktif terhadap situasi, berteriak atau mengamuk," kata Irma dalam postingan di akun Instagramnya.

Memahami dan Menerapkan Konsep Screamfree

Hal yang pertama bisa Bunda lakukan adalah memahami konsep Screamfree, untuk kemudian menerapkannya.

Bagaimana caranya?

1. Beri anak ruang untuk mengeksplorasikan semua kemampuan dan emosionalnya. Ingat, setiap anak berhak mengembangkan diri dalam suasana rumah yang penuh kehangatan.

2. Ubah kosakata saat berkomunikasi dengan anak, jangan lagi memberi label karena akan merusak mental anak.

3. Orangtua memang bertanggung jawab dalam segala hal terhadap anak. Namun ketika mereka tantrum, bukan tanggung jawab orangtua terhadap perilakunya. Tetapi, orangtua wajib membantu anak menangani emosi dan dirinya sendiri.

4. Saat situasi tidak menguntungkan, kendalikan emosi terlebih dulu sebelum menangani anak.

5. Anak bisa saja mengalami kegagalan dalam segala hal, tidak ada anak yang sempurna. Orangtua sebaiknya memahami betul hal ini.

6. Belajarlah teknik pernapasan, misalnya tarik napas, beri jeda sebentar agar kembali tenang.

"Belajarlah untuk menjadi tenang, karena ketika kita dikuasai emosi negatif dan kehilangan kendali, maka kita akan kehilangan banyak hal," demikian Irma.

 

 




Jadilah Sahabat Terbaik Anak

Sebelumnya

Mengajarkan Adab kepada Anak Seperti Pesan Buya Hamka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting