Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SEJAUH ini, vaksinasi Covid-19 untuk anak khususnya di Indonesia belum tersedia. Meskipun beberapa vaksin terbukti aman untuk digunakan oleh anak usia kurang dari 12, namun pemerintah belum mengambil keputusan untuk memberikannya kepada anak-anak.

Kondisi ini tentu saja memberikan kekhawatiran sendiri bagi para orangtua. Apalagi kegiatan pembelajaran tatap muka, baik di tingkat PAUD/TK hingga SD sudah dilaksanakan.

Lantas muncul pertanyaan, apakah vaksin flu yang selama ini sudah ada di Indonesia, dapat menggantikan vaksin Covid-19 dalam hal pencegahan?

Baru-baru ini dilaporkan bahwa vaksin influenza dapat menurunkan risiko gejala berat pada anak-anak. Hal ini terbukti dari anak-anak yang menerima vaksin pneumokokus (PVC).

Mengutip laman Instagram Pandemictalks, vaksin influenza memang sudah masuk dalam jadwal rutin imunisasi rekomendasi terbaru dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Tapi sayangnya, vaksin flu tidak bisa mencegah seorang anak terpapar Covid-19.

Artinya, vaksin flu tidak bisa menggantikan vaksin Covid-19 karena vaksin Covid-19 bekerja secara spesifik terhadap virus/bakteri tertentu dalam membentuk kekebalan tubuh. Sementara vaksin influenza hanya membentuk kekebalan spesifik untuk melawan virus influenza.

Walau begitu, vaksin influenza tetap efektif membantu anak tidak bergejala berat saat terpapar virus Covid-19. Sebuah studi di Amerika yang dilakukan pada 900 anak berusia kurang dari 18 menemukan bahwa anak yang terpapar Covid-19 namun sudah divaksin influenza terbukti mengalami penurunan risiko Covid-19 bergejala, penurunan risiko masalah gangguan pernapasan, dan penurunan risiko gejala berat.

Kemungkinan, orang yang telah mendapat vaksin influenza memiliki kekebalan tubuh yang lebih prima dibandingkan yang belum divaksinasi influenza. Itulah mengapa gejala yang dialami saat terinfeksi Covid-19 hanya gejala ringan.

Jadi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kelompok yang rentan untuk mendapatkan vaksin influenza, yaitu:

• Anak-anak
• Lansia lebih dari 65 tahun
• Ibu hamil
• Orang dengan obesitas
• Orang dengan penyakit komorbid (asma, diabetes, jantung, stroke)
• Orang dengan autoimun
• petugas kesehatan

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan imunisasi influenza?

1. Anak umur 6 bulan hingga 8 tahun

Pada vaksin pertama diberikan 2 dosis dengan selang waktu minimal 4 minggu. Kemudian imunisasi diulang setiap minggu.

2. Anak umur 9 tahun atau lebih hingga orang dewasa

Diberikan satu kali dosis setiap tahun secara rutin.

3. Anak dan orang dewasa dengan penyakit kelemahan imun

Diberikan 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu, untuk mendapatkan antibodi yang optimal.

Saat ini, vaksin Covid-19 sudah bisa diberikan bersamaan dengan vaksin influenza. Tapi ingat, tetap mengikuti aturan dan anjuran waktu pemberian.

 




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health