post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

DI ERA DIGITAL ini, banyak saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Belum lama ini beredar sebuah pesan berantai yang menyiratkan bahwa vaksin Pfizer yang diterima oleh ibu menyusui berbahaya pada bayi yang disusui.

Pesan tersebut berisi foto kaki seorang bayi yang nampak mengalami sakit kulit dengan narasi "Miris melihatnya, seorang bayi yang disusui oleh ibu yg telah divaksin pfizer..."

Dilansir dari web Kominfo, informasi tersebut TIDAK BENAR. Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K)-FER., M.P.H. menjelaskan semua jenis vaksin COVID-19 bisa digunakan untuk ibu menyusui. Sejauh ini, tidak ada masalah atau isu yang berkaitan dengan vaksinasi COVID-19 untuk ibu menyusui, tidak adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius dan juga tidak berpengaruh pada produksi ASI-nya.

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan justru merekomendasikan vaksin Pfizer untuk diprioritaskan bagi sejumlah kelompok tertentu, termasuk ibu menyusui. Namun, dengan catatan ibu menyusui yang belum pernah menerima vaksin merek lain.

Hati-hati dengan informasi terkait kesehatan yang beredar tidak melalui kanal-kanal resmi, seperti postingan di media sosial atau broadcast pesan di aplikasi chatting.

Agar tidak terjebak dengan berita hoaks apalagi ikut menyebarkannya, lebih baik cek berita tersebut. Ada banyak cara untuk mengecek kebenaran sebuah informasi.  Diantaranya dengan kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500, mengecek di di https://komin.fo/inihoaks atau https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com. So, jangan takut divaksin ya Bunda!

 

Close X

Di Tengah Ancaman Omicron, Laju Vaksinasi di Tanah Air Malah Melambat. Ada Apa?

Sebelumnya

Bos Pfizer: Vaksinasi Covid-19 Perlu Dilakukan Setiap Tahun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News