Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KEBANYAKAN orang berpendapat, mengonsumsi makanan pedas dapat menghilangkan sakit kepala. Bahkan makanan pedas dipercaya bisa mengusir kantuk dan menambah semangat.

Apakah Anda termasuk salah satu yang memercayai hal ini?

Rasa pedas alami biasanya kita dapat dari cabai. Diketahui, cabai memiliki zat kapsaisin yang dipakai untuk mempertahankan diri atau sebagai senjata untuk menghadapi hama.

Kapsaisin inilah yang memunculkan rasa pedas dan ternyata sangat digemari manusia. Zat ini memicu rangsangan rasa pedas pada reseptor panas di lidah dan rongga mulut.

Rangsangan ini kemudian diteruskan melalui serabut-serabut saraf dari lidah dan rongga mulut ke otak yang kemudian direspon dengan mengeluarkan zat kimia seperti adrenalin dan endorfin.

Diketahui, adrenalin merupakan zat yang dihasilkan tubuh saat keadaan waspada. Munculnya adrenalin dapat menyebabkan kerja jantung lebih cepat dan pembuluh darah melebar.

Hasilnya, rasa kantuk hilang, produksi keringat menjadi lebih banyak, sama ketika Anda berolahraga. Jadi jangan heran kalau banyak orang yang merasa lebih segar setelah makan pedas. Kesegarannya nyaris sama dengan hasil dari berolahraga.

Sedangkan endorfin merupakan zat kimia alami dalam tubuh yang memicu rasa senang. Endorfin ini erat pula kaitannya sebagai antinyeri. Ya, inilah jawaban mengapa makanan pedas bisa menghilangkan rasa sakit kepala.

Waspadai Makanan Pedas

Walaupun faktanya demikian, tapi tetap harus waspada, ya! Sebab mengonsumsi makanan pedas juga memiliki banyak risiko. Intinya ada pada kontrol diri.

Sering mengonsumsi makanan pedas bisa membuat iritasi lambung yang menjadi penyebab penyakit maag. Makanan pedas juga bisa mengancam jiwa jika dikonsumsi berlebihan, karena bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan di lambung.

Kalau sudah begitu, pengobatannya membutuhkan waktu yang lama. Jadi, makanan pedas tidak bisa ya dijadikan "obat" sakit kepala!

Ada banyak alternatif yang bisa Anda pakai untuk mengatasi sakit kepala. Misalnya, rajin berolahraga, relaksasi, pijat atau refleksi kepala, mandi air hangat, dan meditasi. Kegiatan-kegiatan ini bisa merangsang keluarnya endorfin tubuh.

Lebih baiknya lagi, segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami sakit kepala yang berat.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health