Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

AIR memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Selain dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, air juga berfungsi bagi kesehatan diri. Tidak hanya mengisi cairan tubuh, ternyata air juga dapat digunakan sebagai terapi.

Awalnya, terapi ini berasal dari Jepang, yang dipercaya sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi berbagai macam penyakit, yang bisa kamu lakukan di dalam rumah.

Metode ini dilakukan dengan cara meminum air putih dengan suhu ruang atau hangat saat perut kosong, tepatnya ketika kamu baru bangun tidur.

Ketika sedang menjalani terapi ini, kamu dilarang untuk meminum air dingin, dan hanya boleh meminum air hangat. Sebab, air bersuhu tinggi  dipercaya mampu membekukan lemak dan minyak yang berada di dalam saluran pencernaan. Sebaliknya, air dingin diyakini dapat memperlambat sistem pencernaan dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Cara melakukan terapi air putih

Di bawah ini adalah cara yang bisa kamu lakukan ketika menjalani terapi air putih.

- Minum air sebanyak 4–5 gelas atau setara dengan air 160 ml setelah bangun tidur dan sebelum sikat gigi.

- Tunggu selama 45 menit, kamu dilarang mengonsumsi apa pun selain air putih.

- Setelah itu, konsumsi makanan dan minuman lain selama 15 menit saja.

- Tunggu selama 2 jam sebelum kamu bisa menyantap asupan makanan lainnya.

Cara ini diklaim dapat mengurangi gejala dari berbagai macam penyakit yang ada. Namun kamu harus melakukannya selama beberapa hari berturut-turut dengan durasi yang berbeda dari setiap penyakit, misalnya:

- Sembelit: 10 hari.

- Hipertensi: 30 hari.

- Diabetes tipe 2: 30 hari.

- Kanker: 180 hari

Manfaat terapi air putih

Melakukan terapi air putih, kamu juga bisa merasakan manfaat lainnya, seperti dapat menurnkan berat badan, mengurangi keinginan untuk makan, melancarkan BAB, mengendalikan tekanan darah karena tubuh sudah terhidrasi dengan baik, memacu jantung memompa darah secara efektif, mengatasi kulit kering, hingga mengurangi sakit kepala.

Melalui terapi ini, tubuh kamu secara otomatis juga telah terhidrasi dengan baik, sehingga berbagai macam penyakit pun bisa ditangkal lewat terapi ini.




Apa Itu Penyakit Kulit Rosacea?

Sebelumnya

Waspadai Dampak Negatif Sinar Matahari pada Kesehatan Bibir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health