post image
Menciptakan suasana yang nyaman bersama anak diselingi dengan penjelasan yang tepat namun tidak membuat mereka cemas akan menghindari anak dari rasa stres selama pandemi Covid-19/ Net
KOMENTAR

STRES tidak hanya milik orang dewasa, ya Bunda. Anak-anak juga bisa mengalami stres, meskipun ciri-ciri yang dimunculkan berbeda dengan orang dewasa.

Pandemi seperti sekarang ini tidak luput menjadi salah satu penyebab stres pada anak. Apalagi, sudah lebih dari satu tahun kebebasan anak terenggut.

Sebenarnya anak sudah mulai merasa senang, saat pemerintah mengumumkan pembukaan kembali sekolah tatap muka. Bayang-bayang berlarian di halaman sekolah, bertemu dengan teman-teman sekelas, sudah ada di angan-angan mereka.

Tapi sekali lagi, pandemi mematahkan harapan itu.

Sebagai orangtua, kita mempunyai andil besar dalam membantu anak mengendalikan stresnya. Beberapa cara bisa dilakukan, mulai dari menjelaskan apa itu pandemi Covid-19 hingga membuat suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk mereka.

Bunda bisa memulainya dengan menanggapi reaksi anak dengan cara yang mendukung. Berikan mereka waktu dan perhatian ekstra dan dengarkan segala kekhawatirannya. Bicaralah dengan ramah dan yakinkan bahwa mereka bisa mengendalikan keadaan.

Jangan takut untuk membicarakan masalah pandemi pada anak, ya Bunda. Jelaskan saja, apa itu Covid-19. Gunakan bahasa yang mereka pahami dan jangan menjelaskan dengan cara menakut-nakuti.

Jawab setiap pertanyaannya. Jika kesulitan, Bunda bisa meminta bantuan ahli atau memutar video animasi mengenai Covid-19. Selanjutnya, ajarkan mereka mengenai hal-hal yang harus dilakukan agar terhindar dari Covid-19.

Dan jangan lupa, tanyakan kondisi mereka saat ini. Bunda harus tahu apa yang dirasakan anak, sedang sedih, rindu teman, ketakutan, atau bosan di rumah. Cari solusinya bersama anak.

Saat berbicara dengan anak, ciptakan situasi yang nyaman agar mereka mau mengutarakan semua yang dirasakan. Ambil waktu yang tepat, misalnya saat anak sedang bermain dengan mainan kesayangannya, atau saat hendak tidur.

Ketika menjelaskan mengenai hal-hal yang dilakukan untuk menghindari Covid-19, sebaiknya fokus ya Bunda. Ajarkan kebiasaan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Ajarkan kebiasaan hidup bersih dan sehat, pentingnya memakai masker, dan bagaimana etika batuk serta bersin yang benar.

Beritahukan pula bahwa saat ini mereka belum bisa berkumpul dengan teman-teman atau bermain di luar rumah.

Yang penting Bunda ingat, sebelum melakukan hal-hal di atas, alangkah baiknya Bunda bisa mengelola dulu stres. Berikan waktu untuk me time dan jaga kesehatan tubuh.

Setelah merasa nyaman, Bunda bisa menciptakan kesempatan dan suasana bagi anak untuk bermain dan bersantai. Jaga rutinitas kegiatan anak sehari-hari, agar mereka tetap sehat dan senang. Seperti dikutip dari @pandemictalks.

 

Syarat Utama Menempa Anak Mandiri, Sarra Risman: Petaninya Harus Berilmu

Sebelumnya

4 Hama Kemandirian yang Membuat Gagal Proses Mandiri Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Parenting