post image
Masker dobel yang dianjurkan para ahli adalah dengan menumpuk masker medis di bawah masker kain/Net
KOMENTAR

DI TENGAH lonjakan kasus Covid-19 di tanah air, para ahli kesehatan kembali mengingatkan soal pentingnya menggunakan masker dobel atau masker yang berlapis saat Anda terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Tujuannya adalah untuk menambah perlindungan dan semakin meminimalisir potensi terinfeksi virus corona. 

Namun jangan salah sangka, tidak semua masker bisa ditumpuk atau didobel lho! 

PhD Candidate di Medical Science, Universitas Kobe yang aktif mengedukasi masyarakat soal Covid-19 melalui media sosial, Dokter Adam Prabata menjelaskan melalui akun Instagram miliknya bahwa penggunaan masker dobel yang dianjurkan oleh pakar adalah masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar. 

Mengapa kita dianjurkan menggunakan masker dobel? 

Karena dapat meningkatkan filtrasi masker, ditambah lagi, masker kain dapat menutup celah yang ada antara wajah dan area pinggir masker medis. 

"Hasilnya adalah meningkatkan perlindungan dan menurunkan risiko tertular Covid-19," jelasnya. 

Bahkan sejumlah penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan masker dobel dengan melapisi masker medis dengan masker kain terbukti efektif menekan potensi penularan. 

"Presentase partikel yang terblokir pada percobaan stimulasi batuk, masker bedah adalah sebesar 56,1 persen, masker kain adalah sebesar 51,4 persen, sedangkan masker medis yang dilapisi masker kain adalah 85,4 persen," tulis Dokter Adam. 

Meski begitu, dia mengingatkan bahwa tidak semua jenis masker dianjurkan untuk didobel. 

"Masker dobel seperti apa yang tidak dianjurkan untuk digunakan? Pertama adalah (penggunaan) masker medis di dalam dan masker medis di luar," tulisnya. 

Pasalnya, masker medis tidak dirancang agar terpasang ketat di wajah. Oleh karena itu, menumpuk masker lebih dari satu tidak mempengaruhi keketatan masker. 

Selain itu, masker lain yang tidak dianjurkan untuk ditumpuk adalah masker N95, KN95 atau KF94. Masker jenis ini tidak dianjurkan untuk ditumpuk dengan masker jenis apapun. 

Bukan tanpa alasan, pasalnya, masker jenis  N95, KN95 atau KF94 yang sesuai standar sudah memiliki desain yang sangat ketat dan kemampuan filtrasi droplet hingga 94-95 persen. 

"Menggunakan masker dobel yang tepat yaitu masker medis di bawah masker kain, dapat meningkatkan keketatan dan filtrasi masker yang terbukti efektif untuk menyaring droplet yang berasal dari saluran apapun," demikian Dokter Adam Prabata.

Warning Untuk Kaum Rebahan! Ini Bahaya Rebahan Terlalu Lama

Sebelumnya

Ketika Kita Bilang 'Why Me', Tapi Tuhan Bilang 'Why Not?'

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health