post image
Dunia mengalami lonjakan kasus Covid-19/Net
KOMENTAR

VARIAN baru Omicron telah mendorong lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kasus Covid-19 naik 71 persen dari pekan lalu.

Pada Kamis (6/1), dunia mencatat rekor 9,5 juta kasus Covid-19 selama sepekan terakhir. Kenaikan jumlah kasus mingguan cukup bervariasi, dengan dua kali lipat di wilayah Amerika dan hanya 7 persen di Afrika.

"Pekan lalu, jumlah kasus Covid-19 tertinggi dilaporkan sejauh ini dalam pandemi," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip AP.

Khawatir dengan kemungkinan "tsunami" Omicron, WHO memperkirakan lonjakan kasus juga terjadi lantaran pengujian selama liburan akhir tahun berkurang.

Meski begitu, angka kematian mingguan yang tercatat menurun menjadi 41.178 kasus dari 44.680 kasus pada minggu sebelumnya. Itu artinya terjadi penurunan sebesar 10 persen.

Di sisi lain, WHO juga menekankan adanya jeda antara jumlah kasus dan kematian. Perubahan jumlah kematian sering tertinggal sekitar dua minggu di belakang evolusi jumlah kasus.

Walau demikian, vaksinasi yang meningkat diharapkan dapat membantu mengurangi angka kematian.

Close X

Komnas KIPI: Efek Samping Vaksin COVID-19 pada Anak Cenderung Lebih Rendah Dibandingkan Orang Dewasa

Sebelumnya

LSPR Tanda Tangani MoU, Lanjutkan Kerja sama dengan New York Film Academy

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News