lustrasi/Net
lustrasi/Net
KOMENTAR

BELAKANGAN ini tenar istilah hybrid working, yang muncul pasca covid-19 dapat dikendalikan. Hybrid working merupakan kombinasi antara Working From Office (offline) dan Working From Home (WFH).

Umumnya hybrid working  dilakukan dengan menjadwalkan karyawan masuk ke kantor secara bergantian, misalnya seminggu dua kali, sedangkan sisa hari yang lain dilakukan secara online dari rumah.

Sistem hybrid working memiliki beberapa keuntungan baik bagi karyawan maupun perusahaan. Keuntungan yang diperoleh, antara lain:

1# Meningkatkan produktivitas karyawan
Saat bekerja dengan sistem WFH, salah satu kendala yang terjadi adalah kurang lancarnya komunikasi antar anggota tim. Instruksi atau detail pekerjaan yang disampaikan sering kurang dipahami karena tidak berdiskusi secara langsung.
Sistem hybrid working, membuat karyawan saling berkomunikasi secara langsung, membahas pekerjaan yang membutuhkan diskusi yang lebih dalam dan instruksi yang lebih detail, sehingga karyawan tidak akan merasa kebingungan dalam mengerjakan tugas-tugas kantor ketika WFH.

2# Membuat karyawan lebih akrab
Komunikasi intens yang dilakukan oleh karyawan secara daring dapat membuat hubungan profesional kerja terbentuk dengan baik. Namun dengan bertemu dan bertatap muka secara langsung, keakraban dan kedekatan emosional dapat terjalin dengan lebih nyata.

3# Keseimbangan mental karyawan seimbang
Beberapa orang terkadang lebih fokus dan nyaman ketika mengerjakan tugas di tempat yang sepi dan tenang, salah satunya adalah ruang bekerjanya di rumah.

Dengan hybrid working, karyawan dapat memperoleh kesempatan untuk lebih fokus bekerja dan dapat mengeksplorasi berbagai hal yang dapat menunjang pekerjaannya dari rumah, tanpa harus terdistraksi oleh keramaian suasana kantor.

4# Waktu lebih fleksibel
Sistem kerja WFH membuat beberapa pekerjaan memiliki berbagai kendala yang membuat target pekerjaan tidak dapat diraih secara maksimal. Namun saat WFH mereka dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih fleksibel. 
Dengan dilakukan hybrid working, beberapa kendala dapat diatasi dengan berdiskusi di kantor dan karyawan masih tetap dapat mengerjakan pekerjaan secara fleksibel, ketika  berada di rumah.

5# Working life balance
Keuntungan lain yang dapat diperoleh dengan melakukan hybrid working adalah karyawan dapat menyeimbangkan antara kehidupan pekerjaan dengan rumah.
Hal tersebut tentu akan sangat membantu para working mom yang ingin tetap dapat memperoleh waktu untuk memperhatikan anak dan rumah di sela kesibukan pekerjaannya. 

Selain dapat memperoleh waktu untuk memperhatikan keluarga, mereka juga dapat melakukan aktivitas lain di luar pekerjaan kantornya, seperti berbisnis dan berolahraga.




Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Sebelumnya

Mahasiswa LSPR Gelar “Pesta Edas”, Tampilkan Ragam Kebudayaan dan Kesenian Khas Kampung Seni Edas Bogor

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E