Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KEJADIAN Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) seringkali ditemukan usai seseorang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Yang umum terjadi adalah pegal di bekas suntikan atau demam. Namun biasanya, KIPI itu akan hilang dalam beberapa saat.

Mengutip dari laman Instagram UNICEF Indonesia, KIPI sebenarnya adalah gejala medis yang umumnya bersifat sementara dan ringan, serta akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Namun, ada beberapa kasus pembeda yang biasanya dikaitkan dengan daya imunitas penerima vaksin.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan jika terjadi KIPI? Reaksi pasca imunisasi apa yang membahayakan dan bagaimana pertolongannya?

1. Jika KIPI itu berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan di sekitar bekas suntikan, kompres dengan air dingin.

2. Apabila mengalami demam, kompres atau mandilah dengan air hangat, perbanyak minum air putih dan istirahat, atau minum Paracetamol jika diperlukan.

3. Jika KIPI lebih berat, catat reaksi atau keluhan yang dialami laporkan pada petugas atau fasilitas layanan kesehatan, kontak yang tertera pada kartu vaksinasi, atau kunjungi web https://keamananvaksin.kemkes.go.id

Jadi ingat, vaksinasi itu aman. Apabila ada keluhan pasca vaksinasi, lakukan hal di atas dan segera hubungi pusat layanan kesehatan jika terjadi keluhan berat.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News