Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ISOLASI mandiri (isoman) saat ini menjadi pilihan orang yang terinfeksi Covid-19. Mengapa? Karena isoman tidak menjauhkan pasien Covid dari orang-orang yang disayang, meskipun harus sendiri di sebuah ruangan khusus.

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika rumah yang dipakai untuk isoman kecil dan hanya memiliki satu kamar atau satu kamar mandi?

Kandidat PhD di Universitas Kobe, dr Adam Prabata menjelaskan, isoman yang optimal mengisyaratkan  ruang terpisah bagi pasien Covid di rumah. Namun, tidak semua keluarga memiliki syarat tersebut.

Lalu, bagaimana seharusnya melakukan isoman yang benar dan efektif di tempat tinggal yang kurang memadai?

Yang perlu diperhatikan paling utama adalah menempatkan pasien di sisi rumah di mana anggota keluarga yang lain bisa menjaga jarak lebih dari 1 meter. Pastikan ventilasi sisi ruang yang digunakan itu sangat baik, untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik pula.

Begitu pula dengan tempat tidur. Gunakan alas tidur yang baik dan jauhkan dari anggota keluarga yang lain, minimal 1 meter.

Bila kamar mandi di rumah hanya ada satu, pastikan pasien selalu membersihkan dan mendesinfeksi permukaan kamar mandi dan toilet setiap kali menggunakannya. Bila pasien tidak bisa membersihkannya sendiri, maka satu anggota harus membersihkannya sebelum digunakan oleh anggota keluarga yang lain.

Lakukan hal yang sama ketika makan atau minum. Pastikan pasien tidak menggunakan piring atau gelas dan sendok yang sama dengan anggota keluarga yang lain. Beri jarak minimal 1 meter ketika makan bersama dan minta pasien untuk segera mencuci peralatan makannya dan menyimpannya secara terpisah. Jika tidak bisa mencuci sendiri, satu anggota keluarga membantu mencuci dengan sabun dan air hangat. Gunakan sarung tangan, ya!

Ketika mencuci baju pasien, gunakan sabun cuci dan air hangat (60-90⁰ c). Tempatkan pakaian pasien pada kantung khusus dan jangan digoyang-goyang. Gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian pasien. Dan, mencucinya boleh dicampur dengan pakaian anggota keluarga yang lain.

Selanjutnya, pastikan ventilasi di rumah memadai. Buka setiap jendela agar udara berganti sempurna dan menurunkan risiko airborne.

Jangan menerima tamu saat ada pasien isoman di rumah. Dan ingat, anggota keluarga yang lain (kontak erat) juga dilarang keluar rumah.

Dan terakhir, lakukan protokol kesehatan 3M yang baik saat berada satu rumah dengan pasien Covid. Pastikan tidak melepas masker, selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak dengan pasien minimal 1 meter.

Protokol VDJ (ventilasi, durasi, jarak) juga harus diperhatikan. Pastikan semua jendela terbuka agar udara di luar rumah menggantikan yang ada di dalam dan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Dan durasi kontak dengan pasien juga perlu dibatasi.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family