Pusat vaksinasi di Abbas Islamic Centre, Birmingham/ Net
Pusat vaksinasi di Abbas Islamic Centre, Birmingham/ Net
KOMENTAR

UNTUK menjaring lebih banyak peserta dan menangkal rumor soal vaksin Covid-19 di negaranya, pemerintah Inggris telah menjalin kerja sama dengan pusat keagamaan Islam untuk melakukan vaksinasi kepada warga yang rentan.

Melalui kerja sama yang terjalin antara National Health Service (NHS) dan apotik lokal, Al-Abbas Islamic Center di Birmingham menjadi masjid pertama di Inggris yang terpilih untuk melakukannya.

Imam masjid, Sheikh Nuru Mohammed, mengatakan bahwa dia dan jamaahnya senang dapat mengambil bagian dalam kampanye vaksinasi di Inggris.

"Itu sangat berarti untuk kami. Itu memberi kami kesempatan untuk berkontribusi dalam memerangi virus corona,” katanya, seperti dikutip dari Arab News, Jumat (22/1).

“Anggota komunitas saya sangat gembira, bersemangat untuk mengambil langkah praktis melawan pandemi. Orang-orang tergerak karenanya, tanpa keraguan," lanjutnya.

Mohammed mengatakan langkah itu penting dalam melawan beberapa berita palsu seputar vaksin yang telah beredar di beberapa komunitas minoritas di Inggris.

“Sangat penting bahwa kami mengirimkan sinyal yang kuat dan positif terhadap vaksin di antara komunitas kami,” ujarnya.

"Beberapa Muslim berpandangan bahwa bahan-bahan vaksin itu tidak halal - kami melakukan ini untuk menunjukkan bahwa ini adalah berita palsu, dan cara paling praktis untuk melakukannya adalah dengan membawanya ke masjid," lanjutnya.

Pemimpin keterlibatan NHS Claire Deeley mengatakan kepada Arab News bahwa masjid tersebut memiliki keuntungan karena sudah menjadi pusat komunitas tepercaya.

“Ini sangat sibuk. Sudah penuh dipesan untuk beberapa hari ke depan. Ini adalah ruang yang ideal tepat di dalam komunitas - kami sangat senang," ungkapnya.

Hal itu mendapatkan tanggapan positif dari menteri Inggris yang bertanggung jawab untuk menyebarkan vaksin Covid-19, Nadhim Zahawi.

“Sungguh luar biasa melihat program vaksin berkembang begitu cepat,” ungkapnya.

"Setiap minggu, NHS mempermudah orang untuk mendapatkan suntikan lebih dekat ke rumah, di tempat-tempat di jantung komunitas mereka, dari apotek lokal hingga masjid setempat," lanjut Nadhim.

Dimensi masjid Al-Abbas yang cukup besar, menjadikannya tempat yang sempurna untuk mengirimkan vaksin dengan aman. Dengan dua aula besar, masing-masing berkapasitas lebih dari 500 orang, pengunjung diterima dan check in untuk mendapatkan vaksin di satu, sebelum pindah ke ruang lain untuk menerima suntikan.

Jarak sosial sangat mungkin dilakukan mengingat masjid tersebut memiliki ruang yang luas. Kapasitas parkir yang luas untuk jemaah membuat masjid dapat memfasilitasi tingginya jumlah orang yang datang untuk menerima vaksin.

Karpet telah ditutup dengan lantai vinil untuk melindunginya dan memberikan lingkungan yang aman.

 




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News