post image
Jahe/ Net
KOMENTAR

REMPAH atau empon-empon atau rimpang selama pandemi ini sedang naik daun. Banyak sekali yang mengonsumsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, sudah benarkah cara pengolahannya?

Rempah atau rimpang ternyata tidak bisa direbus sampai mendidih. Karena, minuman herbal ini memiliki senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan akan hilang jika direbus dengan air mendidih.

Misalnya Jahe. Empon-empon yang satu ini berperan sebagai senyawa anti inflamasi, anti jamur, anti kanker, dan dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa aktif pada jahe ini akan rusak bahkan hilang jika terkena panas sekitar 100 derajat Celcius.

Mengolah Rempah yang Benar

Direktur Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Dadan Rohdiana mengatakan, proses perebusan ataubdiseduh dengan air panas menjadi cara tepat mengolah rimpang. Karena, proses ekstraksi itu sangat dipengaruhi suhu. Semakin tinggi suhu, proses ekstraksi atau pengeluaran zat-zat yang ada di dalam suatu tanaman akan jauh lebih baik dibanding menggunakan air dengan suhu rendah.

"Agar semakin efektif pengeluaran zatnya, sebelum direbus dipotong-potong dulu. Dengan begitu ekstraksi berjalan sempurna. Zat dalam rimpang akan keluar dan larut di dalam air," jelas Dadan.

Tapi ingat, jangan sampai mendidih, ya! Atau gunakan air panas di bawah suhu 100 derajat Celcius. Pakai air termos yang suhu airnya lebih rendah dari 100 derajat Celcius.

Manfaat untuk Kesehatan

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan Trias Nugrahadi menjelaskan, manusia pada dasarnya memiliki kemampuan melawan virus. Tetapi kemampuan itu tergantung pada daya tahan tubuh dan virus yang menjangkitinya.

Ketika daya tahan tubuh lemah, maka virus dapat mengalahkannya. Mereka akan berkembang biak di dalam tubuh inangnya.

Pun dengan virus Corona. Seseorang tidak akan memperlihatkan reaksi apapun jika daya tahan tubuhnya kuat. Paling tidak, hanya gejala awalnya saja seperti demam, flu, atau batuk.

"Upaya kita adalah berusaha meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, virus tidak bermultiplikasi atau istilahnya memperbanyak diri. Kalau memperbanyak diri, kemudian tubuh tidak punya daya tahan lagi untuk melawan, dia akan menyerang langsung ke saluran pernapasan bawah. Itu yang dikatakan pneumonia," papar Trias.

Rimpang pun menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun tentu, harus diimbangi dengan langkah antisipatif lainnya, yaitu mencuci tangan, menjalankan pola hidup bersih dan sehat, dan langkah lainnya.

 

Close X

5 Tipe Ibu Mertua, Ada Apa di Balik Sikap Mereka?

Sebelumnya

Pandemi Malah Bikin Kecanduan Belanja? Begini Cara Mengatasinya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family