Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/ Net
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/ Net
KOMENTAR

SETELAH beberapa hari sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan terinfeksi Covid-19, hari ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa dirinya juga terinfeksi.

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari terakhir, bisa kontak ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test. Tentu tim tracing di Dinkes juga akan mendata dan menghubungi kontak erat saya. Seluruh prosedur terkait akan dijalankan," kata Anies dalam keterangannya, Selasa (1/12).

Memang, dalam panduan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan disebutnya, apabila ditemukan kasus konfirmasi maka akan dilakukan penelusuran kontak atau tracing.

Ini ciri orang yang wajib melakukan swab test:

1. Kotak tatap muka/berdekatan dengan kasus probable atau kasus konfirmasi dalam radius 1 meter dan dalam jangka waktu 15 menit atau lebih.

2. Sentuhan fisik langsung dengan kasus probable atau konfirmasi (seperti bersalaman, berpegangan tangan, dan lainnya).

3. Orang yang memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable atau konfirmasi tanpa menggunakan APD yang sesuai standar.

4. Situasi lainnya yang mengindikasikan adanya kontak berdasarkan penilaian risiko lokal yang ditetapkan oleh tim.penyelidikan epidemiologi setempat.

Pada kasus konfirmasi yang tidak bergejala (asimptomatik), untuk menemukan kontak erat, periode kontak dihitung dari 2 hari sebelum dan 14 hari setelah tanggal pengambilan spesimen kasus konfirmasi.

Kapan kontak erat harus diperiksa?

Karantina dilakukan sejak seseorang dinyatakan sebagai kontak erat dengan kasus probable. Lama karantina adalah 14 hari. Jika dalam waktu itu tidak muncul gejala, maka pemantauan dihentikan.

Tapi jika selama pemantauan muncul gejala, maka harus segera diisolasi dan diperiksa swab (RT-PCR).

Gubernur Anies sendiri kini tengah menjalani isolasi mandiri dan Kantor Gubernur ditutup untuk sementara waktu.

Dari berbagai sumber




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health