post image
Ilustrasi work from home/ Net
KOMENTAR

WELLNESS bagi perempuan adalah sebuah keharusan. Ketika kita ingin kehidupan pribadi dan jenjang karir berjalan beriringan, maka kesehatan paripurna menjadi kondisi yang wajib dimiliki.

Dalam dunia profesional, perkara kesehatan perempuan seringkali dipermasalahkan. Ketidaknyamanan dan stres yang mewarnai kehidupan para perempuan profesional biasanya menimbulkan sederet masalah. Mulai dari mood yang mudah berganti, pencernaan, hormon, saluran kemih, hingga gairah seks.

Karena pada kenyataannya ketika sibuk mengurus orang lain dan membangun karir yang sukses dalam waktu bersamaan, tanpa sadar kita menempatkan kesehatan ke daftar paling bawah dalam to-do list kita.

Kita acap lupa bahwa semakin kita menempatkan kesehatan ke tempat yang paling jarang kita perhatikan, keseimbangan hidup kita akan semakin berantakan.

Selama hampir 8 bulan menjalani social distancing dan keharusan Work From Home, ada sebagian perempuan yang makin kelelahan dengan ritme kehidupan pandemi.

Juggling moms makin jungkir balik. Pekerjaan kantor yang makin banyak berbanding lurus dengan tugas si kecil yang makin beragam. Bertambah riweuh dengan belum adanya ART yang bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.

Walhasil, silent stress yang kita rasakan mulai menggerogoti kesehatan fisik. Badan makin mudah terasa pegal-pegal, mulai muncul alergi berupa gatal di beberapa bagian tubuh—yang sebelumnya tak pernah terjadi, serta tubuh yang mudah lemas hingga kerap meriang dan lidah terasa pahit.

Bagaimana agar kita bisa kembali ke cheerful mood dan tetap sehat hingga batas waktu pandemi yang belum ketahuan akhirnya ini?

Ada beberapa cara asyik yang bisa kita lakukan dengan mudah, seperti dikutip dari Greatist berikut ini. Bonusnya, tidak perlu waktu lama!

#Solusi 1 Menit
Hanya dalam satu menit, kita bisa mengembalikan mood kita ke kondisi ideal. Kita hanya perlu mengerjakan hal-hal menyenangkan berikut ini.
*Tersenyum. Senyum tulus di bibir kita secara otomatis akan menghapus bad mood.

*Melompat-lompat. Melompat adalah salah satu cara mempercepat munculnya hormon endorfin yang identik dengan energi positif.

*Menghirup bau wangi tertentu. Hiruplah aromaterapi orange atau lavender untuk mengurangi kecemasan sekaligus melepas stres.

*Makan cokelat. Tidak saja enak tapi menikmati cokelat dijamin membuat kita merasa senang.

*Memandang bunga atau hamparan tanaman hijau. Bunga dapat menumbuhkan cheerful mood secara instan namun bertahan lama. Bunga juga membuat kita menjadi produktif. Sedangkan tanaman hijau akan menyegarkan mata dan pikiran.

*Memvisualisasikan the best version diri kita. Bayangkanlah diri kita sebagai perempuan yang tenang, percaya diri, serta mampu menaklukkan berbagai rintangan dalam hidup kita.

#Solusi 5 Menit
Selain berbagai solusi instan di atas, kita juga bisa kembali bersemangat dengan melakukan hal-hal berikut ini, dan butuh waktu 5 menit saja.

*Fokus untuk saat ini. Duduk relaks selama beberapa menit, tarik napas panjang untuk menenangkan diri. Konsentrasilah saat kita menghirup udara dan mengeluarkannya agar pikiran tidak menerawang ke mana-mana.

*Menghitung nikmat Allah. Jika tidak sempat menulis daftar anugerah yang telah diberikan Allah kepada kita, pikirkan saja baik-baik. Bisa juga dengan membaca berita yang berisi hal-hal baik. Itu membuat kita optimis dan membangkitkan pikiran positif. Sempurnakan dengan mengucap alhamdulillah.

*Berbaring atau duduk berselimut. Ketika kulit bersentuhan dengan sesuatu yang lembut, akan muncul perasaan hangat yang menenangkan.

*Bermain dengan hewan peliharaan. Tidak perlu lama-lama, melihat tingkah lakunya akan mengurangi stres dan membuat kita lebih senang.

*Berbuat baik untuk orang lain. Cukup dengan klik aplikasi untuk berdonasi di penggalangan dana atau memberikan beberapa sembako untuk kurir pengantar paket bisa menghadirkan happy mood.

*Tertawa. Cari video YouTube yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak. Setelah itu, kita bisa kembali beraktifitas dengan lebih semangat.

*Dress up. WFH memang kesempatan untuk santai. Tapi dress up bagi perempuan adalah satu cara jitu untuk membangkitkan good mood. Yuk, tetap modis selama di rumah.

*Lakukan hal baru. Jika biasanya kita memesan ice black coffee di tempat minum favorit kita, cobalah untuk memesan minuman lain. Atau kita bisa mencari resep dessert baru untuk dicoba. Atau, kita bisa pindah sejenak ke tempat yang sepi (ke kamar atau ke taman) untuk menenangkan diri.

Close X

Untuk Pertama Kalinya Perempuan Keturunan Palestina-AS Diangkat Sebagai Staf Gedung Putih

Sebelumnya

Jangan Hidup Hanya Untuk Menyenangkan Orang Lain

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Women