Salah satu cara jitu mencegah penularan Covid-19 secara langsung adalah dengan mengenakan masker dan menjaga jarak/Net
Salah satu cara jitu mencegah penularan Covid-19 secara langsung adalah dengan mengenakan masker dan menjaga jarak/Net
KOMENTAR

VIRUS corona merupakan virus baru yang bisa menyebar secara cepat dan mudah. Hingga saat ini, virus tersebut masih menjadi ancaman nyata banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Namun jangan lupa! Virus corona bukan hanya virus yang bisa menular secara langsung, tapi juga secara tidak langsung.

"Penularan secara direct (langsung) bisa kita cegah dengan cara memakai masker dan menjaga jarak dengan rang lain. Jarak yang direkomendasikan oleh WHO adalah 1,8 meter," jelas Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung, dr. Fedri Ruluwedrata Rinawan dalam program Bincang Sehat bertajuk "Siap Hadapi Musim Hujan Di Tengah Pandemi Covid" yang dilaksanakan oleh Kantor Berita Politik RMOL.ID (Rabu, 14/10).

Sementara itu, penularan secara tidak langsung biasanya terjadi melalui benda yang terpapar oleh droplet yang mengandung virus corona.

"Benda lain yang juga bisa virus corona menempel adalah meja atau baju yang kita kenakan sehari-hari. Karena itu perlu untuk membersihan barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Juga penting untuk memperhatikan kebersihan tangan kita dengan mencuci tangan," ujarnya.

"Ketika baru pulang ke rumah, buru-buru cuci baju kotor atau dipisahkan dan mandi, membersihkan badan supaya ketika masuk rumah sudah dalam keadaan bersih," tambahnya.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health