Ahli darurat utama WHO, Mike Ryan memperingatkan bahwa ancaman Covid-19 di depan mata/Net
Ahli darurat utama WHO, Mike Ryan memperingatkan bahwa ancaman Covid-19 di depan mata/Net
KOMENTAR

PANDEMI virus corona atau Covid-19 masih jauh dari kata usai. Sebaliknya, situasi bahkan mungkin menjadi lebih buruk.

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada awal pekan ini bahwa sekitar 1 dari 10 orang di dunia mungkin telah terpapar Covid-19.

Dalam sebuah pernyataan, ahli darurat utama WHO, Mike Ryan mengatakan kepada dewan eksekutif badan tersebut bahwa pandemi sedang melonjak di beberapa bagian Asia Tenggara. Bukan hanya itu, kasus serta kematian akibat Covid-19 juga meningkat di beberapa bagian Eropa dan wilayah Mediterania timur.

"Perkiraan terbaik kami saat ini memberi tahu kami sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi oleh virus ini," ujarnya.

"Ini bervariasi tergantung pada negara, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, itu bervariasi tergantung pada kelompok. Tapi yang dimaksud adalah bahwa sebagian besar dunia tetap dalam risiko," jelas Ryan.

Dia menekankan bahwa kondisi saat ini memang semakin sulit.

"Kami sekarang sedang menuju masa sulit. Penyakit ini terus menyebar," tambahnya.

Perlu diketahui bahwa jumlah kasus Covid-19 di dunia saat ini, merujuk pada perhitungan resmi WHO dan Universitas Johns Hopkins, adalah sekitar 35 juta kasus di seluruh dunia.

Namun perkiraaan banyak pihak dan ahli, seperti dikabarkan Channel News Asia, jumlah sesungguhnya penularan virus corona di dunia jauh lebih tinggi. Mengingat banyak negara yang belum masif melakukan tes dan pelacakan. Selain itu, jumlah orang dengan Covid-19 tanpa gejala juga seringkali tidak masuk dalam hitungan kasus.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health