"Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan" (Qs.As-sajdah : 17).
KOMENTAR

SHALAT tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Dalam bahasa Arab, disebut sholatun lail. Shalat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan dikerjakan di sepertiga malam, antara pukul 01.00-04.00, sebelum masuk waktu shubuh.

Allah berfirman dalam surah As-sajdah ayat 16-17: "Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang kami berikan" (ayat 16)

"Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan" (ayat 17).

Dari dua surat itu tergambar keutamaan shalat tahajud, yaitu menjadi sarana berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah. Juga Allah menjanjikan surga bagi seorang hamba yang Istiqomah dalam mengerjakan shalat malam.

Adapun niat shalat tahajud adalah:

"Ushalli sunnatan tahajjudi rak'ataini mustqbilal qiblati lillahi ta'ala"

TATA CARA SHALAT TAHAJUD

Pada umumnya, tata cara shalat tahajud sama dengan shalat fardhu. Yang membedakan adalah niatnya. Shalat tahajud dikerjakan sebanyak 2 sampai 12 rakaat.

Berikut panduan shalat tahajud 2 rakaat:

1. Rakaat pertama

- membaca niat
- mengucapkan takbir
- membaca doa iftitah
- membaca surat Al Fatihah
- membaca surat pendek
- ruku' dan membaca doa ruku'
- i'tidal dan membaca doa i'tidal
- sujud pertama dan membaca doa sujud
- duduk di antara 2 sujud dan membaca doanya
- sujud kedua
- berdiri kembali untuk melanjutkan rakaat kedua

2. Rakaat kedua

- membaca surat Al Fatihah
- membaca surat pendek Al Qur'an
- ruku' dan membaca doanya
- i'tidal dan membaca doanya
- sujud pertama dan membaca doanya
- duduk diantara 2 sujud dan membaca doanya
- sujud kedua
- tahiyat akhir dan membaca doanya
- salam
- membaca doa dan dzikir setelah shalat tahajud

Berikut bacaan doa setelah shalat tahajud:

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِالله
"Ya Allah, bagi Mu lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi Mu segala puji, Engkau Raja Langit dan Bumi beserta semua mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta mahluk yang ada pada keduanya. Dan bagi Mu segala puji, Engkau Maha Benar, janji Mu adalah benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, ucapan Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, dan Nabi Muhammad SAW adalah benar, serta hari kiamat adalah benar"

"Ya Allah hanya kepada Mu aku berserah diri, kepada Mu aku beriman, kepada Mu aku bertawakal, hanya kepada Mu aku kembali (bertaubat), kepada Mu aku mengadu, dan kepada Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosa ku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang ku sembunyikan dan yang ku lakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau dan tiada daya (untuk menghindari dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah"

Adapun doa dan dzikir setelah shalat tahajud yang dapat diamalkan setiap malam adalah:

1. Membaca doa atau dzikir istighfar
2. Membaca doa atau dzikir tasbih (subhanallah)
3. Membaca doa atau dzikir tahmid (Alhamdulillah)
4. Membaca doa atau dzikir takbir (Allahu Akbar)
5. Membaca doa atau dzikir laa ilaaha illalah
6. Membaca doa atau dzikir shalawat Nabi Muhammad
7. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas
8. Tutup dengan membaca surat Al Fatihah.

 




Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Sebelumnya

Penyebab Kehancuran Seorang Perempuan Menurut Ustazah Halimah Alaydrus

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur