Wisuda virtual melalui avatar di India/CNN
Wisuda virtual melalui avatar di India/CNN
KOMENTAR

PANDEMIK virus corona atau Covid-19 memaksa setiap orang untuk memutar otak untuk bisa menyesuaikan diri, termasuk dalam bidang pendidikan.

Di India, sebuah kampus memiliki cara unik untuk menggelar upacara wisuda bagi ribuan mahasiswanya.

Institut Teknologi India (IIT) Bombay membuat lebih dari 2.000 avatar bagi para mahasiswanya sebagai "perwakilan" dalam acara wisuda virtual yang digelar melalui Virtual Reality (VR) oleh pihak kampus.

Setiap avatas yang dibuat mewakili satu mahasiswa. Selayakya upacara wisuda, mereka diberikan sertifikat satu per satu oleh Direktur IIT Subhasis Chaudhuri. Bedanya, upacara wisuda itu diwakilkan oleh avatar mereka secara virtual.

Menurut pernyataan dari Biro Informasi Pers (PIB) pemerintah India, karena begitu uniknya ide wisuda virtual itu, sampai-sampai disiarkan secara di dua saluran TV lokal serta YouTube dan Facebook Live.

"Institut berpikir bahwa yang terbaik adalah mengatur pertemuan VR seperti itu untuk siswa yang lulus agar tidak membahayakan kesehatan mereka, tetapi pada saat yang sama, tidak menghilangkan rasa pencapaian dan kebanggaan mereka karena pingsan dari institut teknik terkemuka di India," begitu pernyataan yang dirilis PIB, seperti dikabarkan CNN.

IIT sendiri adalah salah satu universitas teknik paling bergengsi di India, yang dikenal sebagai penghasil raksasa Silicon Valley seperti CEO Google Sundar Pichai.

Bukan hanya wisuda virtual, mahasiswa juga dapat berkeliling kampus virtual, mengunjungi hostel dan jurusan mereka secara virtual, dan bertemu dengan teman dan fakultas melalui VR.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News