Koin emas/ Net
Koin emas/ Net
KOMENTAR

PEMUDA Israel telah menemukan ratusan koin emas yang disimpan di bejana tanah liat selama lebih dari seribu tahun.

Otoritas Kepurbakalaan Israel pada hari Senin (24/8) mengatakan harta karun itu ditemukan pada 18 Agustus lalu oleh para remaja yang menjadi sukarelawan di penggalian di Israel tengah di mana lingkungan baru direncanakan akan dibangun.
 
“Orang yang mengubur harta karun ini 1.100 tahun yang lalu pasti berharap untuk mengambilnya dan bahkan mengamankan bejana itu dengan paku agar tidak bergerak. Kami hanya bisa menebak apa yang mencegahnya kembali untuk mengambil harta karun ini,” kata direktur penggalian Liat Nadav-Ziv.

“Sungguh menakjubkan,” kata Oz Cohen, salah satu sukarelawan yang menemukan harta karun itu.

“Saya menggali tanah dan melihat apa yang tampak seperti daun yang sangat tipis. Ketika saya melihat lagi, saya melihat ini adalah koin emas. Sungguh menyenangkan menemukan harta karun yang begitu istimewa dan kuno," katanya lagi, seperti dikutip dari Reuters.

Menilik dari gambar koin, diperkirakan itu adalah mata uang periode kekhalifahan Abbasiyah abad kesembilan.  

Ahli koin di Antiquities Authority, Robert Kool, mengatakan koin emas sebanyak 425 keping dengan emas murni 24 karat pada masa periode itu akan menjadi jumlah uang yang sangat banyak, kata Robert Kool.

“Misalnya, dengan uang sebanyak itu, seseorang dapat membeli rumah mewah di salah satu lingkungan terbaik di Fustat, ibu kota Mesir yang sangat kaya pada masa itu,” kata Kool.

 

 




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News