Dalam menjalani kehidupan, ada inner circle yang terdiri dari orang-orang terdekat kita. Mereka adalah support system terbaik yang mampu menjadikan kita insan yang lebih baik dari waktu ke waktu/ F
Dalam menjalani kehidupan, ada inner circle yang terdiri dari orang-orang terdekat kita. Mereka adalah support system terbaik yang mampu menjadikan kita insan yang lebih baik dari waktu ke waktu/ F
KOMENTAR

“WE need joy as we need air. We need love as we need water. We need each other as we need the earth we share.” (Maya Angelou, perempuan Afrika-Amerika pertama yang diminta membacakan puisinya saat inaugurasi Presiden AS Bill Clinton tahun 1993).

Seperti ungkapan di atas, kita tahu bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Sekali pun takdir kita adalah khalifah di muka bumi, kita tetap membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini. Tak peduli seberapa cerdas otak kita, manusia tidak bisa hidup sendiri.

Dalam menjalani kehidupan, ada inner circle yang terdiri dari orang-orang terdekat kita. Mereka adalah support system terbaik yang mampu menjadikan kita insan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Orangtua, kakak dan adik, guru serta sahabat adalah di antara orang-orang yang paling berjasa dalam hidup kita.

Ada 5 tipe orang yang kita butuhkan dalam hidup ini seperti ditulis Biro Psikologi Dinamis. Saatnya memastikan apakah 5 tipe pribadi ini sudah ada dalam lingkaran terdekat kita atau belum.

The Mentor

Tipe ini adalah orang yang memiliki mindset pemenang. Dia mampu menyuntikkan keyakinan dan kepercayaan diri ke dalam diri kita hingga kita terpacu mengejar impian dan tujuan hidup. Dia memastikan kita berjalan on the right track dan tidak menjadi kaum rebahan. The Mentor adalah orang yang bisa melihat potensi dalam diri kita dan melecut diri kita menjadi the best version of us.

Authentic People

Tipe autentik adalah orang-orang yang bersikap apa adanya. Mereka tidak mudah menghakimi/ menjudge hingga kita pun bisa menjadi diri kita apa adanya. Mereka bersama kita dengan tulus. Authentic people adalah orang yang kita butuhkan untuk bisa menjadi diri sendiri, jujur dengan diri sendiri, dan menjalani hidup dengan damai karena tak perlu memakai ‘topeng’ dan bersusah-payah memoles citra.

Optimists

Tipe optimis sudah tentu punya energi positif yang sangat besar. Optimisme tinggi itu akan mereka tularkan kepada kita. Ada di sekitar mereka membuat kita selalu bersemangat memulai hari, memperbaiki apa yang kurang tepat, dan melihat persoalan hidup dari banyak sisi. Dengan demikian, pemikiran kita menjadi kaya dan kita mampu mencari berbagai solusi atas permasalahan yang mendatangi kita.

Brutally Honest People

Kita WAJIB memiliki si jujur dalam inner circle kita! Mereka bersedia memberi pendapat, masukan, juga kritik yang objektif semata demi memacu kita tumbuh dan berkembang. Mereka memiliki pendapat yang tulus karena tidak memiliki kepentingan terselubung saat memberi masukan pada kita. They tell us the truth. Dan kita harus memiliki pikiran terbuka untuk bisa menerima masukan mereka dengan positif.

Good Listener

Sesuai namanya, tipe ini adalah pendengar yang baik. Maka mereka menjadi tempat terbaik untuk kita berkeluh kesah, berbagi masalah, menorehkan kisah tentang mimpi, juga berbagi kebahagiaan. Kita sangat butuh untuk didengar. Dan merekalah yang mampu memahami kita. Mereka ‘mendengar’ dengan hati hingga membuat kita merasa lega setelah mengeluarkan unek-unek yang terpendam. Mereka menjernihkan hati kita.

Kelima tipe pribadi di atas menjadi kombinasi sempurna bagi ketidaksempurnaan kita. Mereka dapat membuat hidup kita penuh arti dan tidak berlalu sia-sia. Mereka menjadikan diri kita seimbang. Jika support system kita belum memiliki kelimanya, mari melengkapinya demi kebaikan di masa depan.

 




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women