KOMENTAR

SALAH satu cara mengajak anak mengenali indahnya Islam adalah melalui film kartun. Dari Indonesia, kita mengenal animasi Syamil Dodo yang penuh humor, Jamal Laeli dengan gaya bicara logat Jawa yang kental, hingga Nussa & Rara yang channelnya sudah punya lebih dari 6 juta subcribers. Semua adalah kreasi anak bangsa yang menjadi favorit banyak anak-anak di Tanah Air.

Memanfaatkan film kartun menjadi sarana pengenalan dan pembelajaran Islam bagi anak-anak juga terjadi di seluruh dunia. Terlebih lagi, dengan era digital saat ini, film-film yang dulu hanya dapat disaksikan di televisi kini dapat ditonton kapan pun kita mau.

Berikut ini 3 (tiga) film kartun yang dapat menambah kecintaan anak terhadap Allah dan Islam yang telah menjadi favorit banyak anak di seluruh dunia, dikutip dari Muslim Girl.

The Boy and The King
Film animasi ini menceritakan kisah Obaid, anak laki-laki yang berusaha menyadarkan Narsis, si raja zalim. Obaid awalnya ingin menjadi ahli sihir kerajaan Narsis. Tapi di tengah jalan, ia bertemu seorang lelaki tua yang merupakan mantan hakim di masa pemerintahan ayah Narsis.

Lelaki tua itu mengisahkan bahwa kerajaan Narsis dulunya menyembah Allah, Tuhan Yang Esa dan menjalankan hukum Islam. Obaid yang datang dari daerah yang menyembah banyak tuhan menjadi galau. Batinnya berperang.

Si kecil bisa belajar bagaimana perjuangan Obaid menemukan kebenaran dan kedamaian. Anak juga bisa mencontoh bagaimana Obaid memelihara akidahnya dari kemusyrikan.

Fatih Sultan Muhammad
Film ini sudah dibuat dalam berbagai versi, termasuk juga dari segi bahasanya. Fatih Sultan Muhammad berkisah tentang pahlawan penakluk Konstantinopel.

Ia menjadi simbol kemenangan umat Islam bahkan menjadi salah satu pemimpin termuda dalam sejarah. Di usia 12 tahun, ia sudah menduduki kursi singgasana pada tahun 1444.

Film kartun ini bukan sekadar animasi dengan gambar-gambar yang menarik untuk ditonton melainkan juga sarat nilai edukasi. Terutama agar anak menyadari bahwa menjadi pribadi yang baik dan tangguh dapat dimulai sejak kecil.

Adam’s World
Film kartun yang populer di era 80 hingga 90an. Tokoh utamanya, Adam, adalah boneka berambut oranye. Kita bisa menyebut Adam’s World sebagai “Sesame Street islami” karena tokoh Adam dan cara bertutur film ini tentu mengingatkan kita pada kisah Elmo dan teman-temannya.

Menonton Adam’s World, si kecil diajak memahami nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Satu episode mengupas tentang satu perbuatan baik yang diajarkan dalam Islam. Misalnya saja, bagaimana kita menjadi pribadi yang rendah hati, pentingnya salam, atau tentang faedah zakat.

Dengan gambar menarik diwarnai lagu-lagu yang riang gembira, Adam’s World mudah dipahami dan disukai banyak anak di berbagai penjuru dunia.

Saat ini semakin banyak pilihan film kartun yang menceritakan kisah islami. Mari perkenalkan anak dengan film yang sarat nilai edukasi Islam agar anak tidak hanya terpukau pada putri-putri cantik khas Disney maupun superhero ala Avengers.

 

 

 

 

 




Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Sebelumnya

Pemalu atau Social Anxiety? Yuk Kenali Tanda-Tandanya, Bunda!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting