Penelitian menemukan, mereka yang mengunakan masker tidak lalai dalam mencuci tangan/Net
Penelitian menemukan, mereka yang mengunakan masker tidak lalai dalam mencuci tangan/Net
KOMENTAR

PANDEMI virus corona atau Covid-19 memaksa masyarakat global untuk mengadopsi kebiasaan baru, yakni mengenakan masker di tempat umum. Selain itu, pandemi juga membuat banyak orang semakin sadar soal pentingnya menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan dengan baik dan benar.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Cambridge dan King's College London di Inggris meneukan, orang yang memakai masker di tempat umum, demi mencegah penularan virus corona, tidak lalai dalam mencuci tangan.

Para peneliti melakukan studi dengan cara melihat 22 ulasan sistematis yang meneliti dampak pemakaian masker pada virus pernapasan, termasuk flu.

Hasilnya, mereka menemukan enam uji coba terkontrol acak yang memperhatikan kebersihan tangan. Hal itu menunjukkan bahwa memakai masker tidak mengurangi frekuensi mencuci tangan atau sanitasi tangan.

Bahkan, penelitian itu menemukan, tingkat cuci tangan pada mereka yang mengenakan masker, lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengenakan masker.

"Dalam konteks pemakaian masker, penulis menunjukkan bahwa satu perilaku pencegahan (seperti memakai masker atau mencuci tangan) mungkin benar-benar mengingatkan pemakai tentang perlunya melakukan perilaku terkait lainnya,s ehingga memperkuat seluruh rangkaian perilaku yang bergabung untuk mengurangi penularan," profesor kehormatan bidang ilmu pernapasan di University of Leicester, Dr. Julian Tang, yang tidak terlibat dalam penelitian itu, seperti dikabarkan CNN.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health