Brian dan kucingnya yang kini telah sembuh dari virus corona/ Net
Brian dan kucingnya yang kini telah sembuh dari virus corona/ Net
KOMENTAR

SEEKOR kucing asal Perancis telah dinyatakan sembuh dari virus corona. Papille, demikian nama kucing tersebut, dinyatakan positif Covid-19 sejak Maret lalu. Diduga hewan tersebut tertular virus corona dari pemiliknya.

Ini merupakan kasus penularan virus corona dari manusia ke hewan peliharaan yang pertama di Perancis. Hanya ada beberapa kasus serupa yang telah terkonfirmasi secara global.

Pada awalnya sang pemilik tidak menyangka kucingnya terjangkit virus corona. Mereka baru menyadari saat kucing berusia Sembilan tahun itu menunjukkan gejala layaknya manusia yang terpapar virus corona.

"Kami tidak tahu apa yang salah dengannya," kata pemilik Papille, Brian, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/9).

“Ibuku merasa aneh karena dia menunjukkan gejala yang sama dengan manusia: kelelahan, batuk dan serangan kelelahan. Kami berkata pada diri sendiri, 'mungkin Covid-19. Tidak mungkin, tapi mungkin ', " ungkapnya.

Namun dugaan mereka akhirnya terbukti setelah Papille diuji di sekolah dokter hewan nasional terkemuka di ujung tenggara Paris.

"Penularan manusia ke hewan bukanlah sesuatu yang mustahil, tetapi sangat jarang. Kami tidak memiliki kasus manusia terinfeksi oleh hewan peliharaan," kata Renaud Tissier, direktur sains di Alfort National Vet School.

Sang pemilik, Brian, pertama kali menunjukkan gejala Covid-19 pada akhir Maret lalu. Pegawai pabrik petrokimia ini memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan dan melakukan karantina mandiri di rumah orang tuanya.

Beberapa hari kemudian, ibunya, Florence mengalami demam tinggi dan merasa kelelahan.

“Saat itu ibu dinyatakan positif covid-19. Ketika ibuku mulai pulih, Papille meringkuk padanya, lalu Papille juga jatuh sakit,” ungkap Brian.

“Kucingku tidak bisa berdiri, dia tidak bereaksi ketika kami memanggilnya. Dia hampir tidak mengangkat kepalanya.”

Beruntung Brian dan kucingnya telah kembali pulih seperti sedia kala.

 




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News