post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SAAT krisis seperti pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini tengah terjadi, kehidupan normal berubah seketika. Karena itu, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menyelamatkan kesehatan keuangan pribadi, terlebih jika pemasukan terganggu akibat virus corona.

Cara paling dasar memang adalah berhemat. Namun, Huffington Post, mengutip sejumlah saran pakar keuangan di dunia, membuat 13 cara realistis untuk selamatkan keuangan pribadi di tengah krisis.

1. Berhenti menabung untuk sesaat

Dalam sebagian besar keadaan, terlebih jika pendapatan Anda terganggu karena virus corona, tidak masalah jika Anda menghentikan sejenak kontribusi pada tabungan.

"Ketika ada krisis uang tunai yang besar, para pekerja seharusnya tidak merasa sedih sama sekali tentang menunda sementara kontribusi (tabungan) mereka," kata seorang perencana keuangan bersertifikat dengan Darrow Wealth Management, Kristin McKenna.

Hal itu akan membantu Anda memiliki setidaknya sedikit dana darurat untuk bertahan di tengah krisis.

2. Tangguhkan pembayaran pinjaman, jika memungkinkan

Pendiri Foguth Financial Group, Michael Foguth menjelaskan, penting untuk membuat daftar utang yang Anda miliki serta pembayaran bulanan yang Anda lakukan.

Selanjutnya, hubungi setiap kreditor dan cari tahu opsi bantuan apa yang tersedia untuk orang-orang dalam situasi seperti Anda.

"Kemungkinan bank tempat Anda memiliki pinjaman hipotek, kredit mobil, dan jalur kredit lainnya akan memungkinkan Anda menunda pembayaran selama minimal tiga bulan, mulai sekarang," kata Foguth.

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa setiap bank akan memiliki kebijakannya sendiri mengenai bagaimana pembayaran-pembayaran itu perlu ditangani setelah periode penangguhan habis. Karena itu, penting untuk mencari tahu lebih dalam soal kebijakan setiap pemberi pinjaman, termasuk bank di mana Anda terkait utang.

3. Buat rencana pembayaran dengan pemilik rumah sewa/kontarakan

Sewa adalah pengeluaran terbesar bagi sebagian besar rumah tangga.

Itu berarti jika pemasukan Anda terganggu karena pandemi virus corona, sewa mungkin merupakan salah satu biaya yang tidak dapat Anda tanggung sekarang.

Tapi itu tidak berarti Anda bisa lolos dari melewatkan pembayaran sewa sepenuhnya. Anda harus menyusun rencana pembayaran dengan pemilik tempat tinggal Anda.

"Tuan tanah jelas ingin menghindari situasi di mana mereka tidak mendapatkan sewa apa pun dan kemungkinan akan bekerja dengan Anda pada opsi untuk rencana pembayaran, atau bahkan jumlah sewa yang lebih rendah," kata pemilik One Shot Finance, Max Kimmel,

"Lakukan riset dan timbang pilihan Anda terlebih dahulu. Anda tidak ingin merusak hubungan dengan pemilik Anda dalam jangka panjang," sambungnya.

4. Sesuaikan asuransi

Jika Anda memiliki asuransi, penting untuk memastikan apakah Anda bisa membayarnya di tengah pandemi corona saat ini atau tidak. Jika tidak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menghentikan beberapa polis asuransi.

"Anda mungkin dapat menghilangkan beberapa polis asuransi, mengurangi pertanggungan atau meningkatkan deductible Anda," kata pemilik Myers & Myers Real Estate, John Myers.

5. Turunkan jenis kartu kredit

Sebagian besar kartu kredit kerap menawarkan beberapa jenis hadiah, baik berupa uang kembali atau poin-poin serta tawaran lainnya.

Tetapi semakin menguntungkan hadiahnya, semakin tinggi kemungkinan itu juga disertai dengan biaya tahunan yang tinggi.

Miguel A. Suro, seorang penulis untuk The Rich Miser, memberikan saran, jika memungkinkan, pertimbangkan untuk meminta penerbit kartu kredit menurunkan peringkat kartu Anda ke kartu yang tidak mengenakan biaya tahunan yang tinggi.

Close X

Ingin Bebas Financial Stress Saat New Normal, Jangan Tunda 2 Langkah Ini

Sebelumnya

Jaga HAM, Korsel Rilis Pedoman Penampilan Anak Di Konten YouTube

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family