Laguna Biru yang dicat hitam/CNN
Laguna Biru yang dicat hitam/CNN
KOMENTAR

PEMERINTAH Inggris memberlakukan penguncian nasional atau lockdown sejak Senin pekan lalu (23/3). Meski demikian, masih ada saja warga yang bandel dan tetap bepergian ke tempat wisata.

Salah satunya tempat wisata yang masih banyak didatangi pasca lockdown adalah sebuah laguna yang terletak di dekat wilayah Buxton dan sekitar tiga jam barat laut London.

Laguna ini merupakan bekas tambang batu kapur di Harpur Hill. Airnya yankg biru cerah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena itulah, laguna ini dijuluki Laguna Biru, atau "Blue Lagoon."

Warga dan petugas setempat pun geram dengan masih banyaknya pengunjung yang datang ke Blue Lagoon. Karena itulah, untuk menghentikan kedatangan pengunjung, warga dan petugas kepolisian setempat mengecat Blue Lagoon dengan warna hitam.

"Dengan pemikiran ini, kami telah menghadiri lokasi pagi ini dan menggunakan pewarna air untuk membuat air terlihat kurang menarik," kata departemen kepolisian Buxton dalam posting Facebook pekan lalu.

"Silakan tinggal di rumah," sambung pernyataan tersebut, seperti dimuat CNN.

Aksi ini dilakukan bukan tanpa dasar hukum. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada pekan lalu menegaskan, ketika ada warga yang tidak patuh pada langkah lockdown, maka polisi berhak untuk ambil tindakan.

"Jika Anda tidak mengikuti aturan, polisi akan memiliki kekuatan untuk menegakkannya," kata Johnson.

Kepolisian setempat menyebut bahwa cat air yang digunakan untuk mewarnai laguna itu mengandung zat kimia beracun dan memiliki tingkat pH 11,3.




Pemerintah Tunda Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Hingga Oktober 2026

Sebelumnya

Banjir Bandang Lahar Dingin Terjang Sejumlah Wilayah Sekitar Gunung Marapi Sumbar, BNPB: Masyarakat Harus Waspada Bahaya Susulan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News