Ilustrasi Bekam/ Net
Ilustrasi Bekam/ Net
KOMENTAR

PARA ilmuwan dari berbagai negara sibuk mencari formula obat penyembuh virus corona atau Covid-19 yang tengah mewabah.

Dokter Zaidul Akbar yang dikenal dengan pengobatan ala Rasulullah, mengatakan bahwa ada 3 hal yang bisa menyelamatkan diri dari bahaya virus corona.

“Rasulullah bersabda dalam hadist shahih, untuk kesembuhan ada tiga. Yang pertama minum madu, kedua sayatan bekam dan ketiga terapi besi panas. Di tengah kondisi saat ini dimana banyak orang ketakutan dengan virus, ternyata Nabi memberikan pedoman kepada kita bahwa salah satu bentuk pengobatan untuk meningkatakan kesehatan kita, imunitas tubuh kita adalah dengan cara berbekam,” jelasnya.

Dokter kharismatik ini menjelaskan bekam merupakan salah satu upaya meningkatkan imunitas tubuh yang diamanahkan oleh Rasulullah SAW.

Kisah bekam sudah ada sejak zaman sebelum masehi sebelum Islam muncul.Pengobatan bekam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW tidak lepas dari peristiwa Isra Miraj.

Karena saat peristiwa Isra Miraj-lah, beliau mendapat perintah bekam disamping sholat. Perhatikan hadits bekam berikut ini :

Anas berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: “Tidaklah aku melewati sekelompok malaikat pada malam aku diisra`kan kecuali mereka berkata: Wahai Muhammad, suruhlah umatmu berbekam.” HR Ibnu Majah (3479), Kitab Pengobatan, Bab Bekam. Disahkan al-Albani dalam Shahih al-Jami` (II: 5671), dan Takhrij al-Misykat (4544).

Dari Ibnu ‘Abbas, bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda: “Tidaklah aku melewati sekelompok malaikat pada malam aku diisra`kan kecuali tiap mereka berkata kepadaku: Wajib bagimu wahai Muhammad untuk berbekam.” HR Ibnu Majah (3477), Kitab Pengobatan, Bab Bekam. Dishahihkan al-Albani dalam ash-Shahihah (V: 2263) dan Shahih al-Jami` (II: 5672).

Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Tidakkah aku melewati satu dari langit-langit yang ada melainkan para malaikat mengatakan: 'Hai Muhammad, perintahkan umatmu untuk berbekam, karena sebaik-baik sarana yang kalian pergunakan untuk berobat adalah bekam, alkist dan syuniz semacam tumbuh-tumbuhan'." (Kitab Kasyful Astaar' an Zawaa-idil Bazar, karya al Haitsami, III/388).

Menurut beberapa penelitian, bekam pun sudah terbukti secara keilmuan dapat meningkatkan imun secara spesifik dan non spesifik dalam tubuh. Terlebih hal tersebut sudah tertera di beberapa hadist shahih Bukhari dan Muslim.

Lanjut Zaidul, dengan melakukan bekam secara rutin setiap tanggal 17,19, dan 21 pada bulan Islam tentu hal tersebut akan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh melalui darah, menyegarkan kembali sel-sel tubuh dan memperlancar laju oksigen dalam darah. Hal tersebut otomatis memperkuat imunitas tubuh dan menangkal berbagai macam virus, termasuk corona. Insyaallah.

 

 




Mengenal Diet Keto, Benarkah Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan?

Sebelumnya

Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health