Ria Irawan/Net
Ria Irawan/Net
KOMENTAR

SHOCK begitu mendengar kabar terbaru dari aktris senior Ria Irawan. Ria yang sudah lama berhasil melawan kanker yang dideritanya, kini harus kembali berjuang menghadapi penyakit mematikan tersebut.

Ya, Maret lalu ia kembali menjalani perawatan sebab kanker mengalami metastasis. Itu terjadi lantaran sel kanker menyebar ke bagian tubuh lainnya. Untuk kasus Ria Irawan, sel-sel berbahaya ini menjalar ke otak dan paru-paru.

Dikutip dari Science Daily, kelenjar getah bening adalah bagian kecil tubuh yang mengandung sel imun untuk melawan zat berbahaya seperti kanker. Meskipun mekanisme kekebalan yang mendasarinya, sel kanker dapat beradaptasi dan tumbuh di kelenjar getah bening.

Berdasarkan jurnal berjudul Tumor Metastasis to Lymph Nodes Requires YAP-dependent metabolic adaptation yang dipublikasikan Science Daily, 8 Februari 2019, pada penderita kanker linfoma, sel-sel kanker dapat menyebar dari tempat awalnya ke bagian tubuh lain melalui pembuluh darah atau sistem limfatik.

Bagian tubuh yang paling umum diserang menurut National Cancer Institute adalah:

1. Kanker payudara: metastasis ke paru, hati, tulang

2. Kanker usus besar: metastasis ke hati, paru-paru

3. Kanker ginjal: metastasis ke paru, hati, tulang

4. Kanker paru: metastasis ke kelenjar adrenal, hati

5. Melanoma: metastasis ke kulit, otot, hati

6. Kanker ovarium: metastasis ke hati, peritoneum, paru

7. Kanker pankreas: metastasis ke hati, paru, peritoneum

8. Kanker prostat: metastasis ke paru, hati, tulang

9. Kanker rektum: metastasis ke hati, peritoneum, kelenjar adrenal

10. Kanker lambung: metastasis ke hati, peritoneum, paru

11. Kanker tiroid: metastasis ke paru, hati, tulang

12. Kanker uterus: metastasis ke hati, peritoneum, paru

Kenapa Bisa Muncul Lagi?

Ahli kanker RSCM Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, menjelaskan, kanker memang tidak pernah benar-benar sembuh. Pada suatu titik, sel-sel kanker bisa saja muncul apabila ada pemicu. Bisa karena pola hidup atau pengaruh faktor lingkungan.

Lebih lanjut, remisi ketika sel-sel kanker tidak terdeteksi ada dua jenis, remisi parsial ketika sel kanker tinggal sedikit sehingga pengobatan bisa dihentikan sementara dan remisi komplet ketika dokter menyatakan No Evidence of Disease (NED).

Ria merupakan survivor kanker kelenjar getah bening stadium 3 yang diidapnya sejak 2014. Kanker tersebut diketahuinya setelah menjalani operasi pengangkatan rahim yang menebal. Ia sempat dinyatakan sembuh dan bersih.

Pada Desember 2016, Ria kembali dikejutkan dengan kemunculan kanker di rongga perutnya. Ia harus menjalani kemoterapi. Di awal 2019, Ria dinyatakan telah sembuh dari kanker getah bening yang diidapnya selama lima tahun.

Saat ini, Ria kembali berjuang untuk menghadapi metastasis kanker. Metastasis atau metastase merupakan kondisi kanker yang sudah menyebar di dalam tubuh. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ataupun berpindah ke jaringan normal yang letaknya berdekatan.

Kanker ini juga bisa menyebar secara regional ke kelenjar getah bening, jaringan, atau organ sekitarnya hingga bagian tubuh yang letaknya lebih jauh. Kanker pada fase ini lebih sering disebut dengan kanker stadium IV (empat).




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health