KOMENTAR

ENAM mahasiswa Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu, pada ajang bergengsi ‘International Mathematics Competition (IMC) 2019’ di Bulgaria.

Ajang yang berlangsung pada 28 Juli hingga 3 Agustus 2019 ini, telah menelurkan bibit muda Matematikawan Indonesia.

Keenam mahasiswa itu adalah:

Farras Mohammad Hibban Faddila dan Muhammad Afifurahman dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Valentino Prasetya dari Universitas Indonesia yang berhasil meraih medali emas.

Adrian Ramanda dan Rubio Gunawan dari ITB menyumbangkan masing-masing satu medali perak.

Muhammad Rizki Fadillah dari ITB yang meraih medali perunggu.

Keenam mahasiswa itu sebelumnya merupakan para pemenang medali dari Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Belmawa, Kemenristekdikti. Mereka kemudian digodok di Jakarta selama tiga hari untuk mempersiapkan diri jelang IMC 2019 Bulgaria.

Mereka berlatih mengerjakan beragam bentuk soal olimpiade matematika internasional hingga mempersiapkan mental bertanding dan dibimbing langsung oleh Kepala tim pelatihan yang merupakan Dosen dari Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia, Siti Fatimah. 

Direktur Jenderal  Pembelajaran, dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tingi (Kemenristekdikti), Ismunandar, sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh mahasiswa Indonesia di ajang bergengsi IMC tersebut. Menurutnya, para mahasiswa yang berprestasi di IMC menunjukkan minat mereka yang tinggi terhadap Matematika disertai dengan semangat belajar yang sungguh-sungguh. “Jadi kami harapkan dengan adanya mahasiswa yang berprestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia yang lain untuk lebih mencintai sains, matematika pada khususnya,” jelas Ismunandar lagi.

(Sumber: Humas Kemristekdikti) 




Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Sebelumnya

Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News