KOMENTAR

BINATANG menggemaskan ini disukai banyak orang. Bahkan ada yang memelihara dan mempunyai penampungan kucing.

Biasanya setiap kucing diberi nama. Namun, meskipun memiliki nama, kita kerap menyapa kucing-kucing itu dengan “Puss...” Nah, lucunya semua kucing selalu menoleh saat disapa dengan ‘Puss” termasuk kucing jalanan yang kita jumpai padahal kucing itu tidak mengenali kita.

Kenapa ya, kucing selalu menoleh saat dipanggil dengan “Puss”

Sebenarnya ini adalah faktor kebiasaan. Dari jaman dulu kala, nenek moyang kita memanggil kucing-kucing mereka dengan panggilan “Puss” saat akan memberi makan atau saat akan membelai. Kebiasaan turun temurun inilah yang akhirnya menjadi penanda bagi kucing-kucing saat dipanggil “Puss” dengan harapan mereka akan diberi makan atau akan dibelai. 

Kucing menoleh saat dipanggil “pus” ini mirip dengan fenomena anjing Pavlov.

Seorang peneliti bernama Ivan Pavlov melakukan penelitian terhadap anjing. Penelitian ini dilakukan dengan cara membunyikan bel ketika akan memberi makanan pada anjing-anjing ini. Lama-lama, anjing-anjing Pavlov akan mengeluarkan air liur setiap kali mendengar suara bel karena mereka telah mengasumsikan suara bel dengan waktu makan.

Itulah yang terjadi pada kucing. Kucing akan menoleh jika mendengar dipanggil “pus” dengan harapan akan diberi makan atau dibelai karena hal itu sudah sering ia jumpai dan ia rasakan. Orang-orang memanggilnya dengan “Puss” ia anggap sebagai penanda waktu makan atau saat untuk dibelai.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News